Jumat, 24 November 2023 15:28 WIB

Bupati Gowa Dukung Penuh Uji Coba Implementasi Redistribusi Kepesertaan JKN di FKTP

Responsive image
ANT - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
294

GOWA (23/11) - Bupati Gowa, Dr. Adnan Purichita Ichsan, SH, MH, medukung penuh pelaksanaan Uji Coba Implementadi Redistribusi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Gowa. Bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa ditandai dengan ditandatanganinya surat pernyataan komitmen pelaksanaan redistribusi kepesertaan JKN di FKTP di Kab. Gowa.

Penandatanganan Surat Pernyataan Komitmen tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan audiensi dan Kunjungan Kerja Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dr. Obrin Parulian, M.Kes bersama tim ke Kab. Gowa. Dalam Kegiatan penandatanganan tersebut, turut pula hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gowa, Deputi Direksi Manajemen Mutu dan Kerja Sama BPJS Kesehatan, dan Kepala BPJS Kesehatan KC Makassar.

Audiensi dr. Obrin Parulian, M.Kes bersama Bupati Kabupaten Gowa merupakan upaya penguatan pelayanan kesehatan primer melalui implementasi redistribusi kepesertaan jaminan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang merupakan bagian dari kebijakan transformasi sistem kesehatan dimana salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan.

Uji coba implementasi kepesertaan JKN di FKTP merupakan tindak lanjut pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dimana disebutkan yaitu dalam hal peserta yang terdaftar di FKTP belum merata BPJS Kesehatan dapat melakukan pemindahan peserta ke FKTP lain dengan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Keberhasilan pemindahan kepesertaan JKN memerlukan dukungan, kerja sama dan komitmen seluruh stakeholder dalam pelaksanannya. Komitmen dan dukungan penuh Bupati Kabupaten Gowa sebagai pemilik dan penanggung jawab penyelenggaraan pelayanan Kesehatan di wilayah Kabupaten Gowa sangat diperlukan dalam upaya peningkatan akses dan mutu pelayanan Kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Gowa.