Jumat, 24 November 2023 08:44 WIB

Workshop Koordinasi TU Pimpinan dan Penatausahaan Pengadaan Barang/Jasa dilingkungan Ditjen Yankes

Responsive image
ET/NRI - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
165

Tangerang (23/11) - Kasubbag Administrasi Umum Setditjen Pelayanan Kesehatan Ni Nengah Yustina Tutuanita, SKM, MKM membuka Pertemuan Workshop Tata Usaha & Rumah Tangga dalam Rangka Koordinasi TU  Pimpinan dan  Penatausahaan Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan Ditjen Yankes. Kegiatan ini dilaksanakan di Tangerang pada  tanggal 22 - 24 November 2023 dan dihadiri oleh perwakilan dari UPT Ditjen Yankes.

Kepala Sub Bagian Administrasi Umum menyampaikan, di setiap penghujung tahun pelaksanaan anggaran disibukkan dengan laporan pelaksanaan anggaran, saat itupula seluruh Kementerian dan Lembaga diwajibkan untuk segera mengumumkan Rencana Umum Pengadaan untuk tahun anggaran berikutnya, sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Sebagai salah satu implementasi kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah, dimana PA/KPA wajib mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada melalui aplikasi SIRUP.

Pertemuan ini juga membahas tentang dampak perubahan SOTK Kementerian Kesehatan dimana SDM Fungsional PBJ yang bekerja selama ini di RSV yang sudah BLU peta jabatannya ditiadakan, hal ini berdampak pada ketersediaan SDM pengelola Pengadaan Barang Jasa di RSV BLU.

Proses pengadaan barang/jasa adalah merupakan proses yang banyak menghasilkan dokumen yang banyak dan memiliki retensi yang berhubungan dengan retensi arsip bidang keuangan. Jika dokumen ini tidak dikelola dengan baik maka akan sangat menyulitkan banyak pihak untuk mencari dan menemukan arsip arsip yang diperlukan baik untuk audit maupun untuk pembayaran ke penyedia, sehingga pada pertemuan juga kali ini kitapun mengundang para pengelola arsip RSV dalam rangka peningkatan pengetahuan pengelolaan arsip terkait pengadaan barang/jasa di RS.