Selasa, 03 November 2020 15:28 WIB

Launching “PET” RSUP Prof dr.R.D. Kandou Manado

Responsive image
Hukormas - RSUP Prof. dr. R.D. Kandou Manado
629

MANADO - Aplikasi Perencanaan Elektronik Terintegrasi atau disingkat PET resmi dilaunching oleh Direktur Utama Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD pada Selasa (03/11/2020). PET dirancang untuk membantu dalam perencanaan dan pemanfaatan anggaran tepat guna, tepat sasaran dan akuntabel.

Aplikasi PET ini bertujuan untuk terwujudnya perencanaan dan pelaksanaan anggaran dengan tata kelola yang baik, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan data rekam sejak awal sampai pada tahap akhirnya. 

Adapun proses Penginputan usulan kebutuhan dimulai dari unit (user), kemudian secara berjenjang ditelaah dan diverifikasi oleh kepala bagian dan ke direktur terkait.  Sehingga akhirnya kebutuhan dari masing - masing direktorat menjadi bahan yang valid untuk penyusunan RKAKL. Selain itu juga perubahan kebutuhan juga terekam dalam aplikasi ini, yang nantinya akan menjadi dasar revisi RKAKL jika diperlukan, dan semua otorisasi terekam dalam aplikasi ini.

Dirut Panelewen selaku mentor terhadap proyek perubahan (proper) ini memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Direktur Perencanaan, Keuangan dan BMN Dewi Anggraini, SE.MM selaku pemilik proper. 

"Aplikasi PET ini dapat memberikan kontribusi serta dapat memperkuat sistem terhadap semua pengelolaan keuangan di RSUP Kandou. Saya berharap ini semua bisa terlaksana secara maksimal, sehingga mulai dari hulu sampai dengan hilir pengelolaan keuangan akan terjaga dengan baik dengan mengusung yang namanya Transparan, Efisiens dan Akuntabel. Sehingga pada akhirnya kita akan memetik hasilnya yang namanya efisiensi dari segala proses tersebut yang merupakan juga tujuan dari Rencana Strategi rumah sakit Kandou. Walaupun upaya-upaya tersebut sudah mulai dilaksanakan tetapi dengan dilaunchingnya PET ini maka dari pencanangan sampai pada pengawasan akan terlihat secara jelas dan pada akhirnya akan memberikan kemudahan terhadap customer kita baik internal maupun Eksternal serta dapat diimplementasikan di RSUP Kandou manado bahkan boleh menjadi contoh bagi rumah sakit yang lain", lanjut Panelewen.

Acara launching yang digelar melalui webinar meeting dan live streaming tersebut, mendapat penguatan dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Prof.Dr.H. Abdul Kadir, PHD, Sp.THT-KL, MARS, Sesditjen Yankes Kemenkes RI dr.Ashar Jaya SKM MARS,  Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemenkes RI Edward Harefa, SE.MM, CFRA, QIA,QCRO, Ketua Dewan Pengawas RSUP Kandou dr Hendrik Daniel Manueke MKes, Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar Laode Musafin SKM MKes, Dewan Direksi dan Ketua SPI, serta para Ketua Komite RSUP Prof dr.R.D. Kandou Manado, serta dikuti oleh para pejabat Struktural, Kepala Instalasi dan staf RSUP Prof dr.R.D.  Kandou Manado.