Selasa, 08 Agustus 2023 11:42 WIB

Berbagai Manfaat Buah-buahan

Responsive image
7257
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Konsumsi buah-buahan sangat penting untuk dilakukan guna mendapatkan tubuh yang sehat. Berdasarkan temuan World Health Organization (WHO), terdapat 2,8% atau sebanyak 1,7 juta orang yang mengalami kematian akibat jarang mengonsumsi buah ataupun sayur. Oleh karena itu, WHO memberikan anjuran bagi setiap orang untuk mengonsumsi minimal 150 gram (g) buah per harinya. Asupan ini bisa kamu penuhi dengan satu buah jeruk, apel, ataupun buah lainnya. Namun, perlu dicatat bahwa 150 g per hari adalah jumlah minimal. Akan lebih baik apabila mengonsumsi buah lebih banyak lagi (selama dalam jumlah wajar), sehingga mendapatkan gizi maksimal dan juga perlu imbangi dengan makanan sehat lainnya Selain untuk memelihara kesehatan organ, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Umumnya, semua buah mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Nutrisi-nutrisi ini membuat manfaat buah untuk kesehatan tidak diragukan lagi dan sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak heran jika para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Kandungan Nutrisinya

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang umum terdapat dalam buah-buahan :

1.      Serat, yang beperan penting dalam menjaga fungsi saluran pencernaan.

2.      Vitamin C, yang penting untuk menjaga jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3.      Vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh.

4.      Folat, yang berperan penting dalam pembentukan darah dan materi genetik.

5.      Kalium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan fungsi sistem saraf.

Manfaat Buah bagi Kesehatan Tubuh

1.      Mencegah Penyakit Serius

Mengonsumsi buah setiap harinya dipercaya mampu mencegah kamu terjangkit dari berbagai penyakit serius.

WHO menyebutkan bahwa penyakit jantung koroner (ischaemic heart disease) menjadi salah satu penyebab tingginya kematian di Indonesia. Maka dari itu, untuk mencegah hal itu terjadi, cobalah untuk mengonsumsi buah secara rutin.

Sebab, ada penelitian yang menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi terkena risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, stroke, kanker, dan sebagainya.

2.      Memenuhi Asupan Vitamin, Nutrisi dan Mineral

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, kita perlu memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral. Kebutuhan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi berbagai jenis buah. Hampir seluruh alfabet vitamin dapat ditemukan di berbagai buah.

Berbagai vitamin dan mineral yang ada di buah ini berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dan memerangi senyawa-senyawa hasil oksidasi, seperti radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh.

3.      Memerangi Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sel-sel tubuh yang telah rusak sehingga berpotensi mengakibatkan berbagai akibat negatif. Jika tidak ditangani dengan baik, radikal bebas ini dapat menyebabkan stres oksidatif, stroke, alzheimer, hingga terburuknya adalah kanker. Untuk memerangi radikal bebas ini dibutuhkan zat antioksidan.

Perlu kita ketahui pula bahwa hampir semua buah memiliki zat antioksidan. Dengan mengonsumsi buah secara rutin diharapkan tubuh menerima zat antioksidan, sehingga mampu memerangi radikal bebas ini.

4.      Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Menurut WHO, seseorang memerlukan asupan serat sebesar 25-29 g setiap harinya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Di samping itu, serat juga baik untuk kesehatan usus, mulai dari mencegah masalah sembelit, wasir, dan divertikulosis. Nah, asupan serat ini bisa kamu dapatkan di berbagai buah.

5.      Menjaga Kesehatan Tulang

Berbagai kandungan vitamin C dan vitamin D dalam buah dipercaya dapat mempertahankan massa otot sehingga mampu menjaga kesehatan tulangmu.

Ini juga dibuktikan dari studi oleh Florida State University pada 2011 yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah plum kering dapat mencegah osteoporosis.

Tidak hanya itu, ada juga studi oleh University of East Anglia yang menemukan bahwa alpukat baik untuk membentuk tulang yang lebih kuat.

6.      Meningkatkan Kinerja Otak

Pada dasarnya, buah-buahan juga terkenal akan fungsinya untuk meningkatkan kinerja otak, terutama jenis buah beri-berian, seperti strawberry, blueberry, blackberry, blackcurrant, cranberry, dan sebagainya.

Berbagai buah beri ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat memperkuat memori, mencegah penuaan sel otak, dan mencegah kehilangan memori jangka pendek (short term memory loss).

7.      Menghidrasi Tubuh

Menjaga tubuh tetap hidrasi sangat penting untuk dilakukan, karena ini berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, metabolisme, kinerja otak, dan sel tubuh.

Maka dari itu, kamu diwajibkan untuk minum air putih delapan gelas setiap harinya. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan agar hidrasi tubuh tetap terjaga.

Ada beberapa buah yang memiliki kadar air tinggi yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah semangka, di dalam semangka, terkandung kadar air hingga 92%. 

8.      Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Salah satu akibat dari radikal bebas sendiri adalah membuat kulit terlihat semakin tua dan kusam.

Nah, pastinya kita tidak mau memiliki kulit yang terlihat tua kan? Mulai saat ini, rutinlah konsumsi buah, ya, sebab, dengan adanya antioksidan yang terkandung dalam buah membuat kulit kita lebih sehat dan kenyal.

Selain itu, buah seperti alpukat juga bagus untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Buah kaya vitamin C juga dapat memproduksi lebih banyak kolagen, yang dimana merupakan jenis protein berserat yang bagus untuk kulit.

9.      Memberikan Energi

Selanjutnya, salah satu manfaat buah-buahan adalah membantu menstabilkan kadar gula darah. Ketika gula darah turun, kamu membutuhkan energi yang cukup banyak, dengan kata lain, jika kadar gula darahmu terlalu sedikit, maka kamu akan mudah merasa lelah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi buah-buahan agar energi tetap terjaga dan bisa menjalani berbagai aktivitas dengan baik.

10.   Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memegang peran penting dalam tubuh, yakni berfungsi untuk mencerna dan menyerap berbagai nutrisi serta cairan yang terkandung dalam makanan.

Agar sistem pencernaan sehat, kita membutuhkan berbagai asupan buah. Sebab, gabungan dari kandungan serat, air hingga antioksidan dalam buah dapat membantu menjaga seluruh sistem pencernaan agar lebih sehat.

 

Referensi :

Siti Hamidah. 2018. Sayuran dan Buah buahan serta Manfaat bagi Kesehatan. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Pem, D., & Jeewon, R. 2015. Fruit and Vegetable Intake : Benefits and Progress of Nutrition Education Interventions- Iranian Journal of Public Health. 44(10), pp. 1309-1321.

Aswani, T. Kementerian Kesesehatan RI. Mari Makan Sayur dan Buah yang Berkhasiat Baik bagi Tubuh untuk Keluarga Indonesia Sehat.

Kementerian Kesehatan RI. 2017. Hari Gizi Nasional 2017 : Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014.

Gunnars, K. Healthline. 2018. Is Fruit Good or Bad for Your Health? The Sweet Truth.