Rabu, 11 Januari 2023 09:46 WIB

Kunjungan Kerja Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan ke RSUD dr Iskak Tulungagung

Responsive image
ant - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
349

TULUNGAGUNG – Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SKM, MARS berserta, Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, dan beberapa Direktur Utama Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan kerja ke RSUD dr Iskak Tulungagung Jawa Timur (9/01) . 

Keberhasilan rumah sakit daerah milik Pemkab Tulungagung ini baik di level nasional maupun internasional telah menarik perhatian Kementerian Kesehatan, khususnya Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dan Unit Pelaksana Teknis dibawahnya untuk belajar dan dapat mereplikasi model manajemen pelayanan kesehatan yang diterapkan. Terutama dalam mengimplementasikan model perumahsakitan low cost, high quality and responsibility di era tatanan baru pascapandemi COVID-19.

Dalam kunjungan kerja kali ini, dr. Azhar Jaya, SKM, MARS memberikan apresiasi yang tinggi kepada RSUD dr. Iskak Tulungagung yang telah meraih beberapa penghargaan pada tahun 2021-2022 yaitu  dari Menteri PAN RB  sebagai Outstanding Achievment Public Servis Innovation Kompetisi Inovasi pelayanan Publik (KOVABLIK) dan Wilayah Bebas dari Korupsi pada tahun 2021, Penghargaan Mitra Kerja dari Kemenkumham, TOP BUMD Award serta Top Digital Implementation pada tahun 2022. Dirjen Yankes mengharapkan agar rumah sakit terus berupaya melakukan terobosan dan inovasi serta diharapkan senantiasa melakukan upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien secara berkesinambungan dan profesional, sesuai dengan visi rumah sakit.

Kementerian Kesehatan mengharapkan RSUD dr. Iskak Tulungagung dapat melakukan pengembangan jenis pelayanan prioritas kesehatan di tingkat madya melalui jejaring pengampuan dengan RS Vertikal atau bahkan dengan RS International agar menambah pengetahuan dalam memberikan pelayanan dengan mutu terbaik. Selain itu perlu diperhatikan terkait dengan Standarisasi pelayanan sesuai Panduan Praktek Klinis (PPK) dan clinical pathway, serta meningkatkan tata Kelola RS dengan memperbaiki sistem, proses dan manajemen operasional rumah sakit melalui digitalisasi pelayanan.

Diketahui bahwa RSUD Dr. Iskak Tulungagung merupakan rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung dengan klasifikasi kelas  B, telah terakreditasi paripurna dan telah ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan serta telah terakreditasi sebagai rumah sakit penyelenggara pelatihan kesehatan. RSUD dr. Iskak Tulungagung memiliki layanan unggulan, yaitu PSC (public Safety Center), Pelayanan Jantung Terpadu , Instalasi Gawat Darurat Modern serta Pelayanan Neuro Intervensi. Pada Pelayanan Jantung terpadu, RSUD dr. Iskak Tulungagung telah memiliki Instalasi Diagnostik Intervensi Kardiovaskuler (IDIK) yang terdiri dari pelayanan ICCU, Laboratorium Kateterisasi (Cath lab) serta layanan Bedah Jantung. RSUD dr. Iskak Tulungagung juga memiliki perencanaan pengembangan pelayanan jejaring pengampuan dengan 6 stratifikasi madya pada layanan Jantung, Stroke, Uro Nefrologi, KIA, PIE, dan Tuberkulosis.