Senin, 22 Juli 2024 16:15 WIB

Rayakan HUT 31, RS Adam Malik Dorong RSUD Siap Jalankan Transformasi Kesehatan

Responsive image
ade - RSUP H. Adam Malik Medan
3

Medan (19/07) Rumah Sakit (RS) Adam Malik terus mendorong rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk siap menjalankan transformasi kesehatan, terutama rujukan layanan prioritas. Salah satunya dengan membekali setiap RSUD melalui seminar ilmiah tentang layanan prioritas. Kegiatan ini sekaligus digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) RS Adam Malik ke-31 di Gedung Menara Mandiri, Medan.

Dalam sambutannya, Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr Sunarto MKes kembali mengingatkan bahwa RS Adam Malik sebagai RS vertikal di bawah Kementerian Kesehatan RI memiliki tiga tugas besar. Selain terus berusaha memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, RS vertikal juga harus mampu menjadi RS pengampu, baik di tingkat nasional maupun regional, serta menjadi pusat pendidikan dan pusat penelitian terbaik.

“RS Adam Malik sebagai RS vertikal tidak boleh bagus sendiri. RS vertikal itu harus mampu menjadi pengampu nasional dan pengampu regional. Dalam hal RS Adam Malik diampu oleh pengampu nasional untuk beberapa layanan, maka juga harus bisa menjadi pengampu regional dengan mengampu RSUD di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya dalam layanan prioritas,” ungkap dr Sunarto yang hadir secara daring dari Jakarta.

Direktur Utama RS Adam Malik dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menyampaikan bahwa RS Adam Malik sebagai pengampu regional terus berupaya mengoptimalkan jejaring RS, agar dapat menciptakan pemerataan layanan rujukan di daerah. “Kita semua terhubung oleh transformasi kesehatan. Kami ingin berbagi agar kita bisa tumbuh bersama. Kami bisa membantu RSUD untuk bisa lebih cepat memiliki SDM yang tepat,” ucap dr Zainal pula.

Dalam seminar ilmiah ini sendiri dipaparkan tentang lima layanan prioritas, yang disampaikan oleh masing-masing tim pengampuan layanan dari RS Adam Malik. Yaitu, layanan kanker yang dibahas dr Meutia Sari SpKNTM SubspOnk(K), layanan jantung oleh dr Joy Wulansari Purba MKed(Kardio) SpJP, layanan stroke dari dr Chairil Amin Batubara MKed(Neu) SpN(K), layanan urologi oleh dr Radar Radius Tarigan MKed(PD) SpPD-KGH FINASI, serta layanan kesehatan ibu dan anak (KIA) yang disampaikan oleh dr Pertin Sianturi SpA(K).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RSUD se-Sumut dan Aceh. RS Adam Malik sendiri mengampu sebanyak 22 RSUD se-Sumut dan 11 RSUD dari Aceh. Selain itu, juga membimbing 3 RSUD di wilayah Riau dan 5 RSUD di Kepulauan Riau. Tidak hanya layanan kanker, jantung, stroke, urologi, dan KIA, RS Adam Malik juga mengampu lima layanan prioritas lainnya. Yaitu, gastrohepatologi, penyakit infeksi emerging, diabetes melitus, respirasi dan tuberkulosis, dan kesehatan jiwa.