Senin, 09 Januari 2023 17:27 WIB

RSPG Cisarua Bogor Sebagai Tempat PKKM Mahasiswa

Responsive image
Iwan Ridwanullah - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua
270

BOGOR -  Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor dijadikan sebagai tempat Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) bagi para mahasiswa. PKKM di tahun 2022 ini, yang telah menjalin Kerjasama dalam Program Magang Mahasiswa salah satunya adalah dari Universitas Binawan Jakarta Prodi Keperawatan, pelaksanaan berlangsung mulai tanggal 10 November 2022 s.d. 4 Januari 2023, Universitas Binawan telah megirimkan sebanyak 30 Mahasiswa berprestasi dan terpilih yang diikutsertakan dalam program ini.

Penutupan kegiatan PKKM telah dilaksanakan dan dihadiri oleh Dekan Prodi Keperawatan, Kepala Prodi Keperawatan, Ketua dan Tim Program PKKM 2022 Universitas Binawan. Sedangkan dari RSPG Cisarua dihadiri oleh Koordinator SDM, Pendidikan dan Penelitian, Tim Kordik, Tim SDM dan Diklit, Tim Keperawatan termasuk para kepala ruangan dan pembimbing klinik (Clinical Instructor) Keperawatan dan seluruh Mahasiswa peserta PKKM.

Dalam sambutan penutupan kegiatan PKKM, Direksi RSPG Cisarua yang diwakili oleh Koordinator SDM, Pendidikan dan penelitian, Rudiana Sukmara, SKM, MKKK., beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Universitas Binawan Jakarta, dalam hal ini Prodi Keperawatan yang telah memilih dan menjadikan RSPG Cisarua sebagai tempat untuk melakukan PKKM 2022 dan menyerahkan Kembali secara utuh sebanyak 30 mahasiswa yang telah menyelesaikan PKKM, serta berharap ada kelanjutan untuk tahun berikutnya karena RSPG mempunyai unggulan bidang penyakit paru dan variasi kasus yang cukup untuk dijadikan lahan praktik maupun penelitian.

Sedangkat Dekan Fakultas Keperawatan Univeristas Binawan, DR. Aliana Dewi, SKp, MN, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas Kerjasama dalam PKKM 2022, kepada manajemen dan seluruh pembimbing yang sudah menerima dan membimbing para mahasiswa sehingga PKKM ini berjalan dengan baik dan pencapaian kompetensi sesuai harapan. Kedepan akan kita lakuakn evaluasi mudah-mudahan program selanjutnya dapat Kembali mengirimkan mahasiswa ke RSPG karena dengan bimbingan dan keramahan para pembimbing dari RSPG, mahasiswa merasa senang dan betah berpraktik di RSPG Cisarua.

Adapun program mata kuliah yang dilaksanakan di RSPG Cisarua pada PKKM ini adalah:

  • Respiratory Health Nursing,
  • Hospice and Palliative Care Nuring,
  • Health Care System,
  • Pediatric Nursing Care,
  • Adult Nursing III (Musculosceletal, Integument, Sensory Perception, and Nervous System),
  • Emergency Nursing,
  • Leadership and Management in Nursing.