Minggu, 25 Desember 2022 00:15 WIB

Pemantauan Kesiapan Faskes Masa Nataru 2022-2023 Jalur Pantai Selatan

Responsive image
(Nico/Fauzan) - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
193

JAKARTA  – Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, dr. Yanti Herman, SH, MH.Kes melakukan pemantauan kesiapan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam menghadapi masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023  di sepanjang jalur pantai selatan pulau jawa . Rute yang ditempuh antara lain Jakarta, Bandung, Pangandaran, Cilacap, dan berakhir di Yogyakarta (21/12).

Kunjungan pertama untuk jalur Pansela dimulai dari Gereja Katedral Jakarta untuk melihat kesiapan gereja dalam menghadapi ibadah Natal tahun ini. Dalam kunjungan tersebut diketahu bahwa Pihak gereja juga sudah memodifikasi air suci yang ditempatkan dalam wadah handsanitezer, sehingga umat yang beribadah mengambil air suci tidak Bersama lagi dalam satu wadah. Begitu juga kotbah dan doa-doa sudah dikemas dalam bentuk e-book, dan donasi para umat di salurkan ke gereja melalui metode transfer atau QR scan yang sudah disiapkan disetiap tempat duduk gereja.

“Menjelang nataru, hari ini kita melakukan kunjungan ke Gereja Katedral Jakarta. Tadi pihak gereja juga sudah menyampaikan kesiapan mereka jelang ibadah Natal. Secara keseluruhan, mereka sudah siap khususnya dalam penerapan protokol kesehatan,” ungkap dr. Yanti Herman, SH. MH.Kes

Beranjak dari Gereja Katedral Jakarta, kunjungan dilanjutkan menuju titik-titik lokasi strategis di sepanjang jalur pantai selatan, antara lain :  Rest Area KM 88A Tol Cupularang, RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung, Puskesmas Cileunyi, Rest Area Pos Terpadu Limbangan Kab. Garut, Puskesmas Cikoneng Kab. Ciamis, RSUD Pandega Pangandaran, Puskemas Cikembulan Kab. Pangandaran, Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa Kab. Cilacap, Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Puskesmas Temon I Kab. Kulon Progo, Bandar Udara Adisutjipto, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, dan berakhir di Stasiun Tugu Yogyakarta.