Sabtu, 31 Agustus 2024 12:10 WIB

Press Conference dan Live Telerobotic Surgery, Kolaborasi Anak Bangsa

Responsive image
Humas - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
14

Jakarta (30/08) - Press conference dan demonstrasi live telerobotic surgery pertama di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Direksi RSCM, Direktur Human Management Capital Telkomsel, Direktur Utama RS I. G. N. G. Ngoerah, pada kesempatan tersebut Menteri Kesehatan memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi ini dalam dunia kesehatan. Telerobotic surgery, sebuah metode bedah jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi robotik dan jaringan nirkabel, akan memungkinkan dokter bedah untuk melakukan tindakan operasi terhadap pasien secara jarak jauh dan real-time, termasuk untuk kasus-kasus urologi, bedah digestif, dan lain-lain.

Dengan demikian teknologi ini akan mengatasi beberapa permasalahan, khususnya kendala geografis, sehingga layanan kesehatan ke depannya bisa diberikan secara merata ke tempat-tempat jauh atau yang aksesnya sulit.

Para dokter ahli di bidang urologi melakukan live telerobotic surgery dari RS I.G.N.G. Ngoerah Bali kepada pasien yang berada di RSCM Jakarta (1.200 KM). Dokter yang menjalankan prosedur ini yaitu Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD;Prof. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K-Onk), FICRS, PhD; Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K-Onk), Ph.D; Prof. Dr. dr. Gede Wirya Kusuma Duarsa, M.Kes, MARS, SpU(K-Ped), FICS; dr. I Wayan Yudiana, Sp.U(K-Onk); dan dr. Fakhri Rahman, SpU(K), FICS, Komite UAA 2024. Didukung juga oleh dokter anestesi yaitu dr. Raihanita Zahra, SpAn-TI,Subsp.An.Ped.(K) dan dr. R Besthadi Sukmono, SpAn-TI, Subsp.An.R(K).

Dengan teknologi telerobotic surgery, diharapkan pasien dapat memperoleh pelayanan bedah yang lebih presisi dan minim invasif, membuka era baru dalam pelayanan kesehatan di Indonesia.

Acara ini sukses terselenggara dengan kolaborasi Ikatan ahli Urologi Indonesia, Urology Association of Asia, telkomsel, RS I.G.N.G. Ngoerah Bali dan RSCM.

Terima kasih kepada seluruh tim medis yang telah terlibat dan mensukseskan acara ini.