Selasa, 11 Juni 2024 08:53 WIB

HUT IFI Ke-56: "Bergerak Bersama Fisioterapi Untuk Indonesia Sehat"

Responsive image
Humas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
97

Surakarta (10/06) - HUT Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) diperingati setiap tanggal 10 Juni Tahun 2024. Tema tahun ini "Bergerak Bersama Fisioterapi Untuk Indonesia Sehat", dipilih dengan tujuan menggugah kesadaran dan partisipasi aktif seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan melalui Fisioterapi. Dari tema ini timbul semangat berkolaborasi dan kebersamaan.

Fisioterapi,  sebagai salah satu profesi kesehatan yang vital, memiliki peran penting dalam mendorong masyarakat untuk aktif bergerak dan menjalani gaya hidup sehat. Semangat ini tercermin dalam berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, melibatkan seluruh cabang dan anggota IFI di Indonesia serta masyarakat luas. Sudah menjadi tradisi IFI untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berskala nasional dalam mendukung kebijakan pemerintah khususnya Kemenkes.

Agenda IFI dalam HUT ke 56 ini adalah mengajak masyarakat untuk lebih banyak bergerak melakukan aktifitas fisik. Agenda ini diwujudkan dalam 3 bentuk kegiatan yaitu 56.000 Steps Walking Challenge, 5 Days Fun Exercise for 6 Benefits dan puncaknya adalah aksi serentak di semua IFI Cabang se-Indonesia yaitu 56 Minutes Interval Training, ungkap Noor Sadhono Kurniaji, SST.FT, Ftr selaku Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Cabang Surakarta.

Pelaksanaan kegiatan di halaman Gedung Joglo-RSO pukul 08.00 WIB s/d selesai yang diikuti oleh fisioterapis Se-Surakarta. “Kami mengucapkan banya terima kasih kepada semua fisioterapis yang hadir diacara HUT IFI, dan terima kasih kepada Civitas Hospitalia RSO Soeharso yang memberikan tempat untuk kegiatan kita bersama”, jelas Sunarno, SST.FT., M.Kes., selaku ketua panitia pelaksanaan HUT IFI.

Intinya kegiatan ini tidak hanya sekedar olahraga atau latihan, tetapi juga merupakan gerakan sosial untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik dan peran Fisioterapi dalam pemulihan dan pemeliharaan Kesehatan, tambahnya.