Rabu, 29 November 2023 16:39 WIB

HUT RSCM Ke-104, Caring For Generations

Responsive image
Yogi - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
181

Jakarta (25/11) - RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) selenggarakan acara puncak HUT RSCM Ke-104 di pelataran parkir Gedung CMU 2 RSCM. Tema HUT RSCM kali ini yaitu “Caring for Generations”

yang merupakan wujud syukur atas pelayanan kesehatan yang telah diberikan oleh RSCM kepada berbagai generasi keluarga di Indonesia selama lebih dari satu abad. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia beserta jajarannya, Perwakilan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Jajaran Dekanat FKUI, Dewan Pengawas, seluruh Direksi RSCM, dan para pegawai, serta undangan dari mitra kerja RSCM.

Pada HUT ke-104, RSCM berhasil mendapatkan tiga piagam penghargaan dari Kementerian Kesehatan pada puncak Hari Kesehatan Nasional ke-59 beberapa waktu lalu, yaitu Most Interoperable Terbaik 2, Juara I Rumah Sakit Pemerintah dengan Belanja Fitofarmaka Terbesar, dan Predikat PRIMA Call Center Tahun 2023.

“Mari kita terus gotong royong dalam menyokong RSCM mencapai misinya, menjadi world class hospital yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Mari kita terus meneladani semangat Dr. Cipto Mangunkusumo dalam setiap langkah kita. Dengan bersama-sama menjunjung tinggi etika, integritas, dan semangat pelayanan, kita dapat mengembangkan RSCM sebagai pionir dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk kita semua” ujar Direktur Utama RSCM, dr. Supriyanto, Sp.B, FINACS, M.Kes di sela-sela sambutannya.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, juga menambahkan bahwa agar bisa menjadi rumah sakit kelas internasional perlu dibuktikan dengan jumlah pasien luar negeri yang berobat ke RSCM, dan dengan bertambahnya umur RSCM ada dua hal yang dilakukan yaitu merefleksi kebelakang untuk belajar, kemudian bermimpi kedepan untuk lebih baik lagi.

Selaras dengan pernyataan tersebut, telah dibuktikan dengan reakreditasi JCI Triennial Survey yang baru saja selesai dilaksanakan pekan lalu. Selain itu, pada tahun ini, RSCM meresmikan fasilitas gedung pelayanan terbaru yaitu RSCM Kanigara yang menghadirkan layanan unggulan Advance Diabetes Center dan Integrated Obesity Clinic (IOC). Layanan ini hadir sesuai dengan motto RSCM untuk senantiasa menolong dan memberikan yang terbaik. Layanan IOC merupakan layanan terpadu terdiri dari tim multidisiplin dan telah menangani 2 pasien obesitas dengan IMT: 39 dan IMT: 61 dengan melakukan tindakan Intragastric Balloon dan operasi bariatrik.

Kelebihan atau keunggulan IOC RSCM yaitu layanan terintegrasi dengan ahlinya dan fasilitas one stop service dalam satu waktu dan tempat, dengan penatalaksanaan obesitas sesuai penelitian medis terkini. Layanan IOC di RSCM berkomitmen untuk memakai jenis alat medik dan teknik operasi yang telah terbukti aman dan efektif bagi pasien. Selain itu, terdapat Case Manager yang merupakan seorang Nurse Coordinator yang mengelola perencanaan pelayanan pada pasien obesitas.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, dalam sambutannya yang disampaikan melalui video, juga memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-104 untuk RSCM. Beliau menyampaikan bahwa RSCM sebagai rumah sakit rujukan nasional yang bisa diandalkan dari pelayanan, sisi pengetahuan, dan dari sisi proses pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Dan ini adalah tantangan yang harus dijawab oleh seluruh pengelola RSCM dan jajaran tenaga kesehatan agar makin memperkuat perjuangan Indonesia kedepannya dan menjawab tantangan kesehatan di Indonesia.

Konsep rangkaian lomba ataupun kegiatan HUT RSCM ke-104 tahun menyadur dari Budaya RSCM yaitu Integritas, Profesionalisme, Kolaborasi, Keunggulan, dan Kepedulian. Salah satunya yaitu pada aspek Keunggulan dimana RSCM menyelenggarakan sebanyak 104 webinar. Disamping itu, pada aspek Integritas, salah satu kegiatan yang diselenggarakan yaitu Sepeda Hias.

Kegiatan Sepeda Hias ditujukan sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi, membangun kerjasama tim serta sarana mengekspresikan diri, baik secara individual maupun tim antar pegawai dilingkungan RSCM seiring memperingati Hari Ulang Tahun RSCM. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas hospitalia RSCM.

Kelompok Staf Medis (KSM) atau unit instalasi mengirimkan peserta dengan menggunakan kostum dan hiasan sepeda yang kreatif dan menarik. Peserta juga menampilkan yel – yel dengan tema HUT RSCM. Rute yang dilalui peserta Sepeda Hias dimulai dari CMU 2 – RSCM Kirana – Jalan Diponegoro – RSCM Kencana – IGD – RSCM Kiara – Taman GH – Gedung A dan berakhir di Gedung CMU 2 (setelah Jembatan Gedung A).

Bukan hanya itu, rangkaian perayaan juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh Jajaran Direksi RSCM dihadapan Menteri Kesehatan RI. Tidak ketinggalan pula penampilan teatrikal dari anak-anak transplantasi hati yang mampu menggugah emosi setiap hadirin. Perayaan HUT RSCM ke-104 ditutup dengan pemberian penghargaan kepada pemenang atas serangkaian lomba yang telah diadakan oleh Panitia HUT.