Minggu, 05 Februari 2023 01:50 WIB

Groundbreaking RS UPT Vertikal Makassar

Responsive image
Ant/Nri - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
2932

Makassar (31/01) – Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, didampingi oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Sunarto, M.Kes menghadiri acara Ground Breaking Rumah Sakit UPT Vertikal Kementerian Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa, 31 Januari 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham, SE, MAP, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST, Pangdam 14 Hasanuddin, Wakapolda Sulawesi Selatan, Walikota Makassar, Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Direktur RS UPT Vertikal dan Kepala Balai di Lingkup Kementerian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, serta beberapa pejabat dari perwakilan lintas sector seperti BPK, BPKP, LPDP Kemenkeu, Kejaksaan dan lintas sektor lainnya.

Pembangunan RS UPT Vertikal di Makassar ini didesain untuk dapat memberikan layanan komprehensif utamanya penyakit katastrofik secara paripurna (diagnostik, terapetik dan rehabilitatif) sekaligus diciptakan untuk bersaing dengan rumah sakit lain di Kawasan Asia.

Rumah sakit Jantung, Otak, dan Kanker yang akan dibangun di Jl. Metro Tanjung Bunga ini juga diharapkan dapat mengurangi beban antrian layanan jantung, kanker dan stroke di wilayah Jawa sekaligus memperluas jangkauan layanan dalam skala Nusantara.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan berharap rumah sakit ini dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan yang memiliki kualitas terbaik untuk Indonesia Timur.

“Rumah sakit ini dibikin oleh Vertikal (Kemenkes) bukan hanya untuk kota Makassar saja, bukan untuk provinsi Sulawesi Selatan saja, tapi saya harapkan ini menjadi pusat untuk pelayanan rumah sakit dengan kualitas yang paling baik untuk Indonesia Timur” ujarnya.

Pembangunan rumah sakit ini direncanakan akan selesai di tahun 2024.