Minggu, 05 Februari 2023 01:25 WIB

Talkshow Keluarga Sehat, TOSS TB Bersama dr. Windi Novriani Dwiastiti, Sp.P

Responsive image
Ayu Nadifah - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
273

Jakarta (27/01)  - Bertempat dari studio Radio Kesehatan, dilaksanakan acara Siaran live Talkshow Keluarga Sehat. Talkshow keluarga sehat merupakan salah satu acara rutin yang sudah dilaksanakan oleh Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta bersama Radio Kesehatan sejak tahun 2019. Namun, sejak era pandemic COVID-19 melanda Indonesia di tahun 2020 kegiatan Talkshow Keluarga Sehat dilakukan secara daring melalui sambungan Telepon dan Zoomeeting.

         Pada kesempatan Siaran Talkshow Keluarga Sehat ini membahas mengenai "TOSS TB (Temukan Obat Sampai Sembuh)" Bersama dr. Windi Novriani, Sp.P. Pengertian dari TB Sendiri adalah penyakit infeksi terutama paru-paru yang disebabkan oleh kuman TB. Saat penderita TB akut batuk dan semacamnya, kuman TB tersebar, lalu terhirup secara langsung oleh orang-orang di sekitarnya hingga dapat mengakibatkan infeksi. Bakteri penyebab TB menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Pengobatan tidak selalu diperlukan untuk orang-orang tanpa gejala. Pasien dengan gejala aktif akan membutuhkan perjalanan pengobatan panjang yang melibatkan beberapa antibiotic.

        Dalam Siaran Talkshow Keluarga Sehat dr. Windi Novriani Dwiastiti, Sp.P menjelaskan bahwa penderita TB baik TB Paru maupun dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak. Jika rutin dan tepat dalam pengobatan maka dapat terhindar dari restisensi obat dan dalam pengobatan TB dibantu oleh nutrisi yang baik khususnya protein.