Rabu, 12 Juni 2024 07:07 WIB

Apakah Olahraga Malam Memicu Serangan Jantung?

Responsive image
46
dr. Lesi Kurnia Putri - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Olahraga adalah kegiatan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Pada beberapa orang dengan tingkat kesibukan tinggi memilih berolahraga malam hari sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Olahraga pada malam hari masih menjadi perdebatan apakah diperbolehkan atau tidak dan bagaimana dampak untuk kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa dampak negatif olahraga malam terhadap kesehatan jantung yaitu sebagai berikut :

1. Beban Kerja Jantung yang Tinggi

Olahraga malam setelah beraktivitas seharian dapat memberikan beban kerja yang tinggi pada jantung. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum berolahraga. Menurut Adiwinanto (2008), olahraga malam dapat membebani kerja jantung karena tidak adanya waktu istirahat yang cukup.

2. Risiko Cedera yang Lebih Tinggi

Olahraga malam juga dapat meningkatkan risiko cedera. Ketika berolahraga di malam hari, cahaya yang kurang dapat membuat sulit melihat dengan jelas. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjatuh atau tergelincir saat berolahraga. Selain itu, kelelahan akibat aktivitas sehari-hari juga dapat meningkatkan risiko cedera saat berolahraga di malam hari. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dan memperhatikan keamanan saat berolahraga di malam hari.

3. Gangguan Tidur

Pada beberapa orang, olahraga malam dapat menyebabkan gangguan tidur. Ketika tubuh terlalu terstimulasi akibat olahraga, sulit bagi tubuh untuk bersantai dan mempersiapkan diri untuk tidur. Hal ini dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan sulit tidur. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga malam minimal 90 menit sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk pulih dan bersantai sebelum tidur.

Kapan waktu olahraga terbaik ?

Jam tubuh alami ini disebut dengan ritme sirkadian. Ritme sirkadian mengatur waktu tubuh kapan harus makan, tidur, bangun, atau melakukan berbagai fungsi lainnya. Sehingga dalam satu hari memiliki waktu 24 jam maka tubuh akan mengatur dan menentukan secara otomatis waktu makan, beraktifitas, beristirahat dan kegiatan lainnya. Semua sel memiliki ritme sirkadian, termasuk otot yang kita pakai untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Northwestern Unversity, menyatakan bahwa ritme sirkadian yang dimiliki oleh otot membuat semua gerakan yang dihasilkannya menjadi lebih efektif.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jam alami otot. Selain itu para peneliti juga menyatakan bahwa ritme sirkadian pada otot mengatur respon dan efisiensi penggunaan energi. Ritme sirkadian yang diatur oleh gen khusus tersebut berhubungan dengan kemampuan sel untuk menghasilkan energi. Kemampuan ini adalah hal terpenting dalam terjadinya kontraksi otot. 

Pada keadaan normal, saat otot beristirahat atau melakukan peregangan, maka otot akan mengambil oksigen yang dialirkan melalui pembuluh darah dan mengubahnya menjadi energi. Sedangkan ketika mulai melakukan aktivitas yang berat, seperti berlari, maka tubuh akan memakai oksigen lebih banyak dan mengakibatkan oksigen cepat habis. 

Proses pembuatan energi yang tidak menggunakan oksigen akan menghasilkan asam laktat. Ketika gen yang bekerja untuk mengatur ritme sirkadian tidak aktif seperti saat malam hari maka produksi oksigen yang seharusnya dilakukan oleh sel otot akan lebih susah dan berkurang. 

Hal ini tentu saja dapat menyebabkan penumpukan asam laktat pada tubuh. Penumpukan asam laktat yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang merasa kram.

Sebagai kesimpulan, berolahraga di malam hari dapat memiliki pengaruh yang positif terhadap kesehatan jantung seperti meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan mengurangi risiko penyakit jantung.  Dengan meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, mengendalikan berat badan, meningkatkan metabolisme, mengurangi stres, dan memberikan fleksibilitas waktu, olahraga malam dapat membantu membangun kebiasaan hidup sehat dan menjaga kesehatan jantung yang optimal. Olahraga di malam hari memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan untuk memberi cukup waktu untuk istirahat setelah olahraga malam, sehingga tubuh bisa pulih dengan baik sebelum tidur. Ada beberapa dampak negatif yang perlu diperhatikan, seperti beban kerja jantung yang tinggi dan risiko cedera yang lebih tinggi. Aktivitas fisik malam hari yang berlebihan telah dikaitkan dengan prognosis kardiovaskular jangka panjang yang merugikan. Pemilihan jenis olahraga yang tepat dan memperhatikan keamanan saat berolahraga di malam hari. Jika memungkinkan, melakukan olahraga di pagi hari merupakan pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, meskipun terdapat berbagai perspektif mengenai topik ini, penting untuk mempertimbangkan faktor individu dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk menentukan program olahraga yang paling sesuai untuk kesehatan jantung, terutama saat berolahraga di malam hari.

 

Referensi:

Yi J, Wang L, Guo J, Sun P, Shuai P, Ma X, et al. Association of nighttime physical activity with all-cause and cardiovascular mortality: Results from the NHANES. Frontiers in Cardiovascular Medicine. 2022;9. doi:10.3389/fcvm.2022.918996

Myllymäki T, Kyröläinen H, Savolainen K, Hokka L, Jakonen R, Juuti T, Martinmäki K, Kaartinen J, Kinnunen ML, Rusko H. Effects of vigorous late-night exercise on sleep quality and cardiac autonomic activity. J Sleep Res. 2011 Mar;20(1 Pt 2):146-53. doi: 10.1111/j.1365-2869.2010.00874.x. PMID: 20673290.

Thaher MIT. Pengaruh Olahraga Pagi Dan Malam TERHADAP Kadar fibrinogen  pada siswa SMA Assanadiyah palembang. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan. 2020;10(20):58–67. doi:10.52047/jkp.v10i20.78

FKUI I. Berpengaruh Ke Jantung, Tidak Disarankan Olahraga di Malam Hari [Internet]. 2019 [cited 2023 Nov 27]. Available from: https://fk.ui.ac.id/infosehat/berpengaruh-ke-jantung-tidak-disarankan-olahraga-di-malam-hari/

Ilmiah PJ. Bahaya Olahraga Malam yang Tidak Banyak Orang Sadari [Internet]. [cited 2023 Nov 27]. Available from: https://pji.uma.ac.id/index.php/2022/10/29/bahaya-olahraga-malam-yang-tidak-banyak-orang-sadari/

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/woman-stretching-night-city_22895301.htm#fromView=search&page=1&position=6&uuid=0a3ef7a6-305c-4aaa-8dad-9919dcca192e