Senin, 19 Desember 2022 20:11 WIB

Pelatihan Aseptic Dispensing

Responsive image
Epayanti Hamzah - RS Kanker Dharmais Jakarta
437

JAKARTA - Dalam rangka percepatan pembangunan di pelayanan kanker sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020 – 2024 melalui program pengampuan rumah sakit jejaring kanker, maka dilaksanakan Pelatihan tahap awal dalam pengampuan jejaring layanan kanker yaitu Pelatihan Aseptic Dispensing, untuk meningkatkan kompetensi SDM bagi tenaga Farmasi.

Pelatihan ini diikuti oleh 19 peserta yang berasal dari beberapa RS Jejaring layanan kanker di Indonesia, diantaranya RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat,  RSUD H. Abdoel Wahab Sjahranie Provinsi Kalimantan Timur, RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi, RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, RS Dr. Rivai Abdullah Palembang, RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung dan RSUD Dr. Moewardi Solo.

Tujuan yang ingin dicapai yaitu peserta yang telah mengikuti pelatihan ini, mampu melaksanakan aseptic dispensing di Rumah Sakit sesuai dengan kewenangannya, mampu melakukan penentuan ketepatan dosis dalam pelayanan obat intravena admixture, mampu melakukan pelayanan obat intravena admixture, mampu melakukan quality assurance dalam pelayanan obat intravena admixture.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini menggunakan metode blended-learning, yaitu untuk pembelajaran teori dilakukan secara daring di lokasi masing-masing peserta pelatihan pada tanggal 8-11 November 2022 dan pembelajaran praktek dilakukan di RS Kanker Dharmais secara luring pada tanggal 17-18 November 2022.