Rabu, 14 Desember 2022 09:48 WIB

Rapat Koordinasi Kegiatan Pengampuan Stroke

Responsive image
An-humas - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
301

RSPON-  Hari Senin tanggal 12 Desember 2022 bertepat di FM7 Resort Hotel Jakarta Airport. Berlangsung kegiatan rapat koordinasi pengampuan stroke. Acara ini merupakan rangkaian dalam implementasi traspformasi sistem kesehatan yang merupakan bagian dari rencana strategis kementerian Kesehatan tahun 2022-2024. Salah satu program tersebut adalah pengampuan  layanan prioritas nasonal khususnya layanan stroke yang dihadri oleh 16 Rumah sakit veritikal kementerian kesehatan.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang tinggi pada penderitanya. Oleh karena itu Kementrian Kesehatan menginstruksikan dilakukannya program pengampuan untuk memperbanyak fasilitas kesehatan yang mampu menangani kasus stroke di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Diharapkan melalui program ini, akan lebih banyak pasien stroke yang tertangani secara cepat, sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kecacatan akibat stroke.

Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta telah ditetapkan Kemenkes sebagai RS Pengampu Nasional Layanan Stroke untuk mendukung implementasi Transformasi Sistem Kesehatan, yang merupakan bagian dari bagian dari Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2022-2024. Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta telah menyelenggarkan kegiatan visitasi ke rumah sakit-rumah sakit daerah.

Dalam acara rapat koordinasi pengampuan stroke turut hadir Plt. Direktu Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta (dr. Mursyid Bustami, Sp.S(K), KIC, MARS) untuk memberikan sambutannya dan dilanjutkan oleh paparan materi yang disampaikan oleh narasumber sebagai berikut:

  1. Paparan pengampuan layanan stroke (oleh tim pengampuan stroke . Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta)
  2. Pembahasan regionalisasi layanan stroke (oleh tim pengampuan stroke . Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta)
  3. Pembahasan petunjuk tenis pengampuan: pravisititasi dan vistitasi (oleh tim pengampuan stroke . Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta)
  4. Pembahasan petunjuk tenis pengampuan: proctoring (oleh tim pengampuan stroke . Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta)

Diharapkan terjalin hubungan kerja sama antara pemerintah daerah dan Rumah sakit Pengampu Nasional serta meningkatkan pemahaman tentang pelayanan jejaring stroke pada Rumah sakit Pengampu di Indonesia.