Jumat, 09 Desember 2022 11:13 WIB

Sub Bag Adum Setditjen Yankes Ajak Arsiparis UPT Yankes Amankan Arsip Penanganan Covid-19

Responsive image
NRI - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
361

Bogor (09/12)  – Sub Bagian Administrasi dan Umum Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes menyelenggarakan Workshop Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Rabu – Jumat, 7 – 9 Desember 2022 di Bogor. 

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan mengajak kepada seluruh arsiparis/pengelola arsip, maupun perekam medis dari Kantor Pusat dan UPT Vertikal Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan untuk bersama-sama menyelamatkan, mengamankan dan melaporkan arsip-arsip terkait Covid-19 yang tercipta di lingkungan unit kerja masing-masing. Adapun yang menjadi narasumber pada Workshop kali ini berasal dari Dirut RSPI Sulianti Saroso, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Biro Umum Kemenkes, PORMIKI dan Tim Hukum Ditjen Yankes.

“Keberadaan fisik arsip Covid-19 sangat dibutuhkan untuk diamankan karena dapat dijadikan memori kolektif bangsa yang merupakan rekaman dari sejarah perjalanan bangsa. Salah satunya adalah arsip mengenai kebijakan, langkah-langkah dan strategi penanganan Covid-19. Berikutnya arsip-arsip yang mendukung keuangan negara (Pembiayaan Covid-19) dan  arsip tentang wabah Covid-19.” Jelas Kepala Sub Bagian Adminstrasi Umum Setditjen Yankes Bayu Indra Wisnhu, S.Kom.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SKM, MARS, dalam sambutannya saat membuka acara tersebut berharap para Arsiparis/Pengelola Arsip dapat berperan serta membantu pencipta Arsip untuk menyerahkan  atau melaporkan Arsip Covid-19 yang bernilaiguna kesejarahan kepada Kementerian Kesehatan yang selanjutnya akan diserahkan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).