Selasa, 06 Desember 2022 17:06 WIB

Workshop Penatalaksanaan Ruang Isolasi

Responsive image
Humas Kariadi - RSUP dr. Kariadi Semarang
203

Upaya penanggulangan penyebaran kasus Tuberculosis (TB) telah dilakukan dengan seksama diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan. Namun demikian angka insident rate selalu meningkat setiap tahun.

Menyikapi hal tersebut, RSUP Dr.Kariadi Semarang sebagai rumah sakit rujukan di Jawa Tengah bersama Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi berkomitmen dan bekerjasama dalam melakukan layanan penanggulangan TB terutama di ruang isolasi. Hal ini dilakukan dengan mengadakan workshop Penatalaksanaan ruang isolasi yang dibagi menjadi 2 gelombang yaitu tanggal 6 Desember untuk gelombang I dan 13 Desember 2022 untuk gelombang ke II.

Bertempat di Aula Gedung Penunjang lantai 6, kegiatan ini diisi oleh beberapa narasumber yang berasal dari Instalasi Farmasi, dokter spesialis, dan Komite PPI RS Kariadi. Melalui workshop penatalaksanaan ruang isolasi diharapkan seluruh peserta workshop gelombang I yang berjumlah 51 orang dan merupakan perawat internal RS Kariadi mampu melakukan tatalaksana TB, baik TB sensitivitas obat, TB resistensi obat pada pasien anak dan pasien dewasa, hingga mampu menjelaskan pencatatan dan pelaporan kasus TB.