Selasa, 06 Desember 2022 17:03 WIB

Rangkaian Kegiatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022

Responsive image
Humas Kariadi - RSUP dr. Kariadi Semarang
677

Disabilitas merupakan fenomena kompleks yang menggambarkan interaksi antara tubuh seseorang dengan lingkungan tempat hidup. Disabilitas dapat menyebabkan pasien mengalami hambatan sosial sehingga diperlukan penanganan untuk meningkatkan kualitas hidup agar pasien dapat kembali berperan di lingkungan sekitar dan masyarakat.

Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 November 2022, diperingati oleh RSUP Dr. Kariadi dengan mengadakan serangkaian kegiatan yang melibatkan secara langsung pasien disabilitas dan keluarga. Beberapa kegiatan tersebut adalah lomba Dancing With Family yang diikuti oleh pasien disabilitas dewasa dengan menari diiringi musik dalam waktu 30 detik. Berikutnya adalah lomba Menyanyi dan lomba TUG (Time Up and Go).

Sementara itu puncak acara Hari Disabilitas Internasional adalah kegiatan Seminar Kesehatan Online yang dilaksanakan hari ini (Selasa, 6 Desember 2022), dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Disabilitas”. Hadir sebagai narasumber yaitu dr. Krisna Tsaniadi Prihastomo, Sp.BS dengan materi Strategi Menghadapi Disabilitas dan Meningkatkan Kualitas Hidup pada Pasien dengan Tindakan Bedah Saraf, dr. Naela Munawaroh, Sp.K.F.R. yang menampilkan tema Rehabilitasi Medik pada Pasien dengan Disabilitas, dan terakhir adalah Bpk. Rochadi, SST.FT, Ftr, M.M. yang merupakan fisioterapis senior di RSUP Dr. Kariadi dengan materi Homecare pada Pasien dengan Disabilitas.

Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSUP Dr. Kariadi, drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp.KG, MARS yang membuka seminar kesehatan online ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa layanan Instalasi Rehabilitasi Medik merupakan salah satu layanan di RSUP Dr. Kariadi yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, layanan ini tidak hanya dibuka pada hari kerja senin s.d jumat tetapi juga pada hari sabtu, dengan harapan dapat mengakomodir pasien disabilitas lain yang berhalangan berobat pada hari kerja. Di akhir sambutannya beliau berharap agar seminar kesehatan online ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan sehingga keluarga dan masyarakat mampu membantu pasien disabilitas untuk menjalani hidup dengan lebih baik.