Senin, 28 November 2022 15:32 WIB

Workshop Higiene Sanitasi Bagi Penjamah Makanan

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
373

SEMARANG - Keamanan makanan di rumah sakit merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi dalam
proses pengolahan makanan. Keamanan makanan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah makanan dari kemungkinan cemaran biologis, kimiawi, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan. Perilaku penjamah yang tidak mendukung tentunya akan menimbulkan masalah terhadap keamanan pangan.

Berdasarkan hal tersebut, RSUP Dr. Kariadi mengadakan kegiatan workshop Higiene Sanitasi Bagi Penjamah Makanan yang dibagi dalam 4 gelombang. Dimulai tanggal 16 dan 24 November 2022, serta tanggal 1 dan 7 Desember 2022 bertempat di Aula Gedung Penunjang lantai 6 RSUP Dr. Kariadi. Sasaran peserta adalah seluruh pegawai / pelaksana penyelenggaraan makanan Instalasi Gizi RS Kariadi yang terdiri dari Pelaksana Pramumasak, Pelaksana Pramusaji, dan Pengolahan Air Minum. Total peserta yang akan mengikuti workshop adalah 303 peserta.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami keamanan pangan dan Food Borne Disease, memahami persyaratan higiene sanitasi jasa boga, pencegahan dan pengendalian infeksi dalam pelayanan gizi, serta mampu menerapkan hygiene dan sanitasi dalam penyelenggaraan makanan di rumah sakit.