Jumat, 18 November 2022 10:58 WIB

Peringatan Hari Prematur Sedunia

Responsive image
Humas RSUP Dr. Kariadi - RSUP dr. Kariadi Semarang
749

SEMARANG - Hari Prematur Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 November 2022, diperingati untuk menyoroti risiko dan kesulitan yang ditimbulkan oleh kelahiran prematur, meningkatkan kesadaran akan tantangan kelahiran prematur sehingga menjadi salah satu solusi dalam penghematan biaya agar tidak mengalami perawatan kembali dan menyebarkan kasih sayang bagi keluarga yang pernah mengalami kelahiran prematur.

Di RSUP Dr. Kariadi, peringatan Hari Prematur Sedunia ini ditandai dengan pelaksanaan seminar online yang mengambil tema “Optimalisasi Perencanaan Pemulangan Bayi Prematur untuk Mencegah Rawat Ulang” dan seremonial yang dilaksanakan di ruang NRT – NICU. Hadir sebagai pembicara dalam seminar adalah, dr. Arsita Eka Rini, M.Si.Med, Sp.A(K) dengan judul Aspek Medis Pemulangan Bayi Prematur, Wido Rizki Fitriana, S.Kep.Ners dengan tema Aspek Keperawatan Pemulangan Bayi Prematur, dr. I Made Widagda, Sp.KFR memberikan materi tentang Terapi Oromotor pada Bayi Prematur dan sebagai penutup adalah Peran MPP dalam Pemulangan Bayi Prematur yang disampaikan Nuniek Wulansari, S.Kep.Ners.

Sementara itu dilain tempat juga dilaksanakan seremonial peringatan Hari Prematur Sedunia yang dihadiri oleh Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi dan mengundang orang tua / wali dari bayi prematur yang dirawat di ruang NRT – NICU. Dalam acara ini RS Kariadi me-launching program Ibu Pintar dimana didalamnya terdapat video edukasi dalam merawat bayi prematur dan bisa diakses oleh keluarga yang membutuhkan. Akhir acara ditutup dengan pemutaran video testimoni keluarga pasien, pembagian goodie bag dan foto bersama.