Selasa, 15 November 2022 11:00 WIB

RSUP HAM Kembali Jalani Survei Akreditasi KARS

Responsive image
humas/ade - RSUP H. Adam Malik Medan
466

Medan – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) kembali menjalani Survei Akreditasi Rumah Sakit (RS) dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Pembukaan pelaksanaan survei akreditasi RS ini berlangsung secara hybrid, baik melalui melalui jaringan virtual dan langsung dari Aula Gedung Administrasi RSUP HAM, Selasa (15/11/2022).

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K). Dalam sambutannya, dr Zainal menyampaikan bahwa pihak rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini sudah melakukan persiapan secara maksimal untuk menjalani kembali survei akreditasi KARS.

“Kami sudah melakukan persiapan yang sangat memadai. Kami yakin akreditasi ini, walaupun sebagai penilaian, tapi diharapkan juga dapat meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit sesuai dengan standar,” ucap dr Zainal Safri.

Survei akreditasi ini akan berlangsung selama empat hari, pada 15 November 2022 dan 17-19 November 2022. KARS mengirimkan empat orang surveyor untuk melakukan survei akreditasi di RSUP HAM. Yaitu, dr Zainal Abidin SpTHT sebagai Ketua Tim Surveyor, serta drg Yudi Sugiarto SpOrt, MARS MHKes FISQua, Ns Gustini Muzaputri SKep MKep FISQua, dan dr Tumpal Simatupang SpOG (K) MH MARS FISQua sebagai Anggota Tim Surveyor.

Ketua Tim Surveyor dr Zainal Abidin SpTHT berharap pelaksanaan survey akreditasi KARS di RSUP HAM ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. “Kami akan melihat apa yang telah dikerjakan oleh teman-teman di RS ini. Akan kami lihat implementasinya, apakah sudah sesuai dengan standar mutu pelayanan RS,” kata dr Zainal Abidin pula.

Pada hari pertama Survey Akreditasi KARS ini akan dilaksanakan konfirmasi dokumen yang telah ditelaah oleh tim surveyor melalui aplikasi SISMADAK. Pelaksanaan konfirmasi dokumen ini bersamaan dengan telaah file kepegawaian dan telaah rekam medis tertutup yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau virtual.

Kemudian, pada hari kedua, ketiga dan keempat akan dilaksanakan secara luring (luar jaringan) atau langsung untuk melakukan telusur implementasi. Setiap surveyor akan langsung mengunjungi sejumlah ruangan pelayanan yang telah ditentukan untuk melihat secara langsung implementasi pelaksanaan standar mutu pelayanan RS.

RSUP HAM sendiri terakhir kali menjalani akreditasi nasional melalui Survei Akreditasi KARS pada tahun 2015 lalu. Selain itu, pada tahun 2018 rumah sakit kelas A ini juga telah menjalani akreditasi internasional dari Joint Comission International (JCI).