Senin, 14 November 2022 11:42 WIB

Menkes BGS, Inspektur Upacara Peringatan HKN ke-58

Responsive image
**DNI/IWJ - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
503

JAKARTA – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunawan Sadikin menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58. Perayaan HKN ke-58 Tahun 2022 ini mengangkat tema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku. Upacara ini diikuti oleh jajaran pejabat dan pegawai Kementerian Kesehatan serta perwakilan dari satuan kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di wilayah Jakarta (12/11). 

Upacara HKN ke-58 ini merupakan penyelenggaraan HKN yang pertama dilakukan setelah pandemi Covid-19 terkendali. Menkes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama seluruh elemen-elemen di Kementerian Kesehatan dalam upaya penanganan pengendalian pandemik selama kurang lebih dua setengah tahun terakhir. BGS juga mengingatkan agar kita semua tidak boleh lengah dan tetap memantau pandemi ini agar tidak kembali meledak suatu saat nanti.

Menkes juga kembali menyampaikan amanah Presiden RI terkait transformasi sistem kesehatan yang harus dijalankan bersama-sama oleh seluruh elemen Kementerian Kesehatan. “Tak henti-hentinya saya akan mengingatkan enam pilar transformasi kesehatan yang harus kita laksanakan bersama sebagai insan kesehatan, demi mewujudkan percepatan Indonesia yang sehat, meliputi transformasi sistem pelayanan kesehatan primer, transformasi pelayanan kesehatan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, sistem sumber daya manusia kesehatan, serta transformasi sistem teknologi dan bioteknologi kesehatan,” jelas Menkes.

Menkes juga menyampaikan bahwa keenam pilar transformasi kesehatan tersebut dapat berjalan maksimal apabila didukung dengan pilar ketujuh, yaitu transformasi internal budaya dan organisasi Kemenkes melalui jajaran Kemenkes yang profesional, berintegritas dan melayani masyarakat, yang bekerja dengan sepenuh hati bahwa kita hadir disini untuk melayani negeri ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kesehatan juga memberikan sejumlah tanda penghargaan kepada para ASN maupun satuan kerja Kemenkes dalam berbagai kategori. Berikut beberapa penghargaan yang diterima oleh ASN Kemenkes di lingkungan Ditjen Pelayanan Kesehatan:

  1. Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya Presiden RI (Plt. Dirjen Yankes: drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE atas pengabdian selama 30 tahun)
  2. Piagam Penghargaan Bhakti Karya Husada Menkes RI Tahun 2022 (Kategori Triwindu: drg. Ernita Pardede) 
  3. MOH Award Tahun 2022 Kategori Inspiring Leader (Plt. Dirjen Yankes: drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE dan Sesditjen Yankes: dr. Azhar Jaya, SKM, MARS)
  4. MOH Award Tahun 2022 Kategori PMO of The Year (dr. Andri Chandra, MARS)
  5. MOH Award Tahun 2022 Kategori The Best Transformer (dr. Nur Indah, MKM)
  6. MOH Award Tahun 2022 Kategori Mentor of The Year (Bayu Indra Wisnhu, S.Kom)