Senin, 14 November 2022 11:05 WIB

RSUP HAM Jalani Visitasi Program Pengampuan Layanan Prioritas Kemenkes RI

Responsive image
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan
1205

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menjalani visitasi program pengampuan layanan prioritas, Jumat (11/11/2022). Kegiatan visitasi ini dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama dengan enam rumah sakit vertikal Kemenkes RI dari Jakarta sesuai dengan layanan prioritas yang diampu. 

Enam rumah sakit vertikal yang berkunjung dalam kegiatan visitasi di RSUP HAM ini adalah RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, RS Kanker Dharmais, RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RSUP Persahabatan dan RS Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso. 

Program pengampuan ini akan dilaksanakan terhadap layanan prioritas khususnya untuk layanan kanker, jantung, stroke, uronefrologi, tuberculosis, dan penyakit infeksi emerging. Program ini merupakan implementasi transformasi kesehatan rujukan sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan RI Tahun 2022-2024. 

Dalam kegiatan visitasi ini, tim Kemenkes RI bersama enam rumah sakit vertikal langsung mengunjungi enam layanan prioritas tersebut di RSUP HAM. Keenam rumah sakit vertikal tersebut akan mengampu RSUP HAM dalam mengembangkan enam layanan prioritas. Kedepannya RSUP HAM akan mengampu sejumlah rumah sakit jejaring di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya dalam enam layanan prioritas tersebut. 

Dalam program ini, RSUP HAM akan bekerja sama dengan RSU Haji Medan di bawah Pemerintah Provinsi Sumut sebagai rumah sakit jejaring pengampuan di wilayah regional. Sehari sebelumnya, tim Kemenkes RI bersama enam rumah sakit vertikal juga berkunjung langsung ke RSU Haji terkait dengan enam layanan prioritas yang akan diampu.  

Kegiatan visitasi ini sekaligus dirangkai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara rumah sakit pengampu nasional dan rumah sakit pengampu regional dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), Direktur RSU Haji Medan, para direktur utama rumah sakit vertikal yang menjadi pengampu, serta undangan lainnya. 

Selain itu, juga digelar kegiatan penyegaran pengampuan rumah sakit jejaring layanan kanker wilayah Provinsi Sumut. Tim dari RS Kanker Dharmais tampil sebagai pembicara untuk menyampaikan materi tentang tata laksana kanker, deteksi dini kanker, standar baku emas diagnostik dan penetapan stadium, serta kualitas hidup dan manajemen nyeri pasien kanker.

Kegiatan penyegaran pengampuan rumah sakit jejaring layanan kanker turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan RSU Haji Medan, serta dari 12 rumah sakit jejaring di wilayah Sumut. Yaitu, RSUD Dr Pirngadi Medan, RSUD Dr RM Djoelham Binjai, RSUD Drs H Amri Tambunan Deli Serdang, dan RSUD Tanjung Pura. 

Kemudian, RSUD Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah Serdang Bedagai, RSUD Kabanjahe, RSUD Batu Bara, RSUD H Abdul Manan Simatupang Kisaran, RSUD Parapat, RSUD Aeka Kanopan, RSUD Tarutung, dan RSUD Rantau Prapat.