Senin, 14 November 2022 10:19 WIB

Kunjungan Konfirmasi Lapangan Kajian Tata Kelola Telehealth dan Transfer Teknologi Telemedicine

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
423

SEMARANG - Telehealth dan Telemedicine merupakan salah satu inovasi penggunaan teknologi informasi di dunia Kesehatan. RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit pemerintah tipe A yang mengembangkan kerja sama terkait transfer teknologi Telemedicine, pada hari Rabu 9 November 2022, menerima kunjungan konfirmasi lapangan kajian tata kelola Telehealth dan transfer teknologi kesehatan Telemedicine dari Tim Kerja Informatika Kesehatan Pusjak Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan.

Pembukaan kegiatan ini dilakukan di Ruang Sidang B Gedung Penunjang Lt. 2 dan dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Dalam kunjungannya, Tim Kerja Informatika Kesehatan yang berjumlah 6 orang dan diketuai oleh Dr. Miko Hananto, SKM, M.Kes bermaksud untuk mendapatkan informasi bagaimana tata kelola yang sudah ada terkait Telehealth dan transfer teknologi Telemedicine serta merumuskan tata kelola yang baik sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan.

Acara yang direncanakan akan berlangsung mulai tgl 9 s.d 12 November 2022 ini, antara lain mengagendakan pertemuan dengan tim manajemen rumah sakit, berdiskusi dengan penanggungjawab Telehealth dan transfer teknologi Telemedicine, serta wawancara dengan dokter atau perawat terkait 2 hal tersebut. 

dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS selaku Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang sekaligus Plt. Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian pada kesempatan ini menyampaikan profile RSUP Dr. Kariadi. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang pelayanan Klinik Virtual yang hadir ketika terjadi pandemi Covid19. 

Klinik Virtual dibuat untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan tanpa harus berkunjung ke Rumah Sakit. Dalam Klinik Virtual juga dikembangkan layanan Virtual Homecare untuk pasien post rawat inap. Pada akhir sambutannya, beliau mengatakan bahwa RSUP Dr. Kariadi siap menerima masukan dari Tim Kerja Informatika Kesehatan untuk perbaikan pelayanan Telehealth dan Telemedicine di RSUP Dr. Kariadi.