Senin, 07 November 2022 15:55 WIB

RS Kanker Dharmais Mendapatkan 2 Penghargaan Terbaik Pada Acara INAHEF 2022

Responsive image
Humas - RS Kanker Dharmais Jakarta
344

RS Kanker Dharmais mendapatkan 2 penghargaan sekaligus sebagai Rumah Sakit dengan Teknologi 4.0 Terbaik dan Rumah Sakit dengan Energy Saving Terbaik pada acara Indonesia Healthcare Engineering Forum (INAHEF) 2022 yang diselenggarakan di ICE BSD Tangerang, Sabtu 5 November 2022. 

Forum Teknik Perumahsakitan Pelayanan Kesehatan Indonesia ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Teknis Perumahsakitan Indonesia (PTPI), Kementerian Kesehatan dan Badan Standarisasi Nasional (BSN). RS Kanker Dharmais mendapatkan penghargaan Rumah Sakit dengan Energy Saving Terbaik karena dinilai telah menetapkan manajemen energi yang berdampak pada
penggunaan energi listrik lebih rendah pad 2022 dibandingkan tahun 2021.

Penerapan manajemen energi RSKD diantaranya:
1. Memiliki Manajer Energi bersertifikat kompetensi dari BNSP.
2. Melakukan pemantauan penggunaan energi melalui aplikasi Power Monitoring Expert.
3. Secara bertahap mengganti lampu dan peralatan tata udara yang hemat energi.
4. Melakukan Pelaporan Online Manajemen Energi (POME) ke Kementerian ESDM
Sebagai penerima penghargaan Rumah Sakit dengan Teknologi 4.0 Terbaik, RSKD dinilai telah menerapkan inovasi teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit. 

Inovasi tersebut diantaranya:
1. Pembangunan aplikasi secara bertahap dari front ofifice billing system, inventory barang farmasi, hingga back office tentang integrasi pelunasan billing dengan bank. 
2. Integrasi pemeriksaan penunjang mulai dari order tindakan sampai hasil secara realtime.
3. Pembangunan integrasi data image radiologi dari mulai order sampai ke alat dan terintegrasi dengan inputan hasil expertise.
4. Integrasi data aplikasi medical record untuk pembuatan resume medis.
5. Pengembangam pelayanan pendaftaran pasien BPJS untuk cetak SEP tanpa menggunakan mesin. Solusi ini memberikan kemudahan layanan pendaftaran bagi pasien JKN-BPJS Kesehatan.