Selasa, 01 November 2022 15:35 WIB

Simulasi Penanggulangan dan Evakuasi Kebakaran di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
558

SEMARANG - RSUP Dr. Kariadi merupakan bagian dari pelayanan umum yang memiliki komitmen baik pada keselamatan pasien, pengunjung, seluruh staf dan karyawan yang bekerja didalamnya, maupun pihak independent lain yang berada di lingkungan rumah sakit. Komitmen yang dilakukan berkaitan dengan bahaya yang mungkin muncul seperti bahaya kebakaran, bencana internal maupun eksternal yang berasal dari luar rumah sakit.

Oleh sebab itu, untuk menguji kesiapan sarana prasarana dan SDM di rumah sakit, mulai tanggal 1 – 2 November 2022, diadakan Simulasi Penanggulangan dan Evakuasi Kebakaran. Di hari pertama sebelum diadakan simulasi, peserta yang berjumlah lebih kurang 100 orang dan berasal dari karyawan internal RS Kariadi, terlebih dulu mendapatkan asupan teori dari beberapa narasumber. Dimulai dari narasumber Ibu Estri Irawati, SKM, M.Kes dengan materi Standar Operasional Prosedur (SPO) Penanggulangan Kebakaran, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Izzatul Milla A, SKM, M.Kes dari

Tim K3 yang menyampaikan Teknik Penanggulangan Kebakaran (praktek penggunaan APAR, dll) dan dilanjutkan oleh dr. R.P. Uva Utomo, MH, Sp.KF dengan menyuguhkan materi Pengertian Bencana dan Evakuasi. Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan praktek mendirikan tenda oleh tim BPPD. Di hari kedua nanti akan dilaksanakan Simulasi Penanggulangan Kebakaran dan Evakuasi di Gedung Rajawali dengan pembagian tim yang telah ditentukan sebelumnya. Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSUP Dr. Kariadi, drg. Sri Yunarti Rahayu, SpKG, MARS yang membuka kegiatan ini mengharapkan setelah simulasi ini seluruh peserta memahami apa yang harus dilakukan seandainya terjadi kebakaran dan bencana internal maupun eksternal di rumah sakit. Selain itu masing-masing karyawan harus mampu melakukan pencegahan dengan mengetahui serta peduli pada apa yang terjadi disekeliling kita.