Minggu, 30 Oktober 2022 18:06 WIB

World Stroke Day 2022

Responsive image
Ikj/Rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
988

Jakarta (30/10) - Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono Jakarta menggelar peringatan World Stroke Day 2022 di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Acara yang tersebut berisi berbagai kegiatan, mulai dari jalan sehat, senam bersama, hingga talkshow mengenai stroke. Acara diawali penandatanganan komitmen bersama pengendalian stroke yang diinisiasi oleh Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyampaikan “Saya berharap masyarakat dapat semakin memahami risiko stroke serta melakukan tindakan preventif. Saya mendorong seluruh pihak untuk bahu membahu menurunkan kejadian stroke di Indonesia. Saya sedih juga kalau melihat orang yang stroke sebagian besar dari mereka mengalami cacat. Jadi pesan saya ke Pak Dirut (RS PON) harus benar-benar dibikin gerakannya jadi baik bukan hanya diobati di rumah sakit, tapi pencegahannya juga harus disosialisasikan ke masyarakat,"

Dalam kesempatan tersebut Kementerian Kesehatan RI turut pula meluncurkan buku Roadmap Pengendalian Stroke. Buku tersebut diluncurkan guna meningkatkan kualitas penanganan stroke. Buku itu menjadi panduan bagi rumah sakit di seluruh Indonesia dalam hal upaya preventif, penanganan saat terjadi stroke.

Dikesempatan yang sama, dilakukan penyerahan penghargaan WSO Angels Initiative. Terdapat delapan rumah sakit di Indonesia yang telah meraih penghargaan kategori Diamond yang merupakan level tertinggi dari penilaian WSO dalam hal penanganan pasien stroke. Angels Award diberikan oleh World Stroke Organization mulai 2015. Organisasi Stroke Sedunia melalui Angels Award memberikan sertifikat penghargaan, Gold, Platinum, dan Diamond. Di Indonesia dalam 3 bulan terakhir ini terdapat 4 rumah sakit mendapatkan kategori diamond, yaitu Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Marjono Jakarta, RSUP M. Djamil Padang,RS Murni Teguh Medan, dan RS Siloam Simatupang,

Acara World Stroke Day 2022 dilanjutkan jalan sehat mengitari area Stadion Utama Gelora Bung Karno dan senam bersama tim fisioterapis RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1.500 peserta serta dilepas langsung oleh Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan drg  Murti Utami, MPH, QGIA,CGCAE.

Plt Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono Jakarta, dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS menyampaikan risiko stroke harus diwaspadai setiap individu di berbagai kalangan usia. Dengan memiliki kewaspadaan dan kesadaran, risiko stroke dapat dihindari. Dalam peringatan World Stroke Day tahun 2022, RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono Jakarta mengajak masyarakat untuk lebih mawas terhadap penyebab, tanda-tanda stroke, upaya preventif, hingga penanganan orang yang terkena stroke. (Ikj/Rfs)