Rabu, 26 Oktober 2022 07:06 WIB

Kick Off Penelitian Bersama Studi Eksplorasi Mikrobioma dengan PT. Nusantics

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
369

SEMARANG - RSUP Dr. Kariadi bersama RSUD KRMT Wongsonegoro (RSWN), Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), dan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, terpilih untuk melakukan project penelitian bersama tentang Studi eksplorasi mikrobioma paru-paru pada populasi sehat, pengidap infeksi saluran pernapasan bawah akut dan kronis di Indonesia, yang dilakukan oleh PT. Nusantics. Bertempat di Ruang Sidang B Gedung Penunjang lantai 2, pada hari Senin 24 Oktober 2022, telah diselenggarakan acara Kick Off Meeting Penelitian tersebut.

Acara Kick Off Meeting diselenggarakan untuk menyamakan visi dan misi dari pihak-pihak yang terlibat penelitian dengan saling memberi masukan sebelum penelitian dilaksanakan. Penelitian studi eksplorasi mikrobioma paru-paru yang akan dilakukan baik pada orang sehat maupun orang sakit ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mikrobioma sehingga dapat memberikan informasi penting untuk diagnosis dan terapi pada pasien.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang sekaligus Plt. Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian RSUP Dr. Kariadi, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS, Dr. dr. Sutopo Patria Jati, M.M., M.Kes selaku Direktur Utama RSND, Arga Wahyu Amperawati, S.Farm, Apt, M.Si dari RSWN dan Dr. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes, FISCM, Sp.M (K) sebagai Ketua Departemen Kedokteran FK Undip. Selain itu turut hadir pula Direktur PT. Nusantics, Revata Utama, serta tim peneliti.

dr. Agoes Oerip Poerwoko, Sp.OG(K), MARS dalam sambutannya mendukung penuh penelitian tersebut karena sejalan dengan salah satu misi RS Dr. Kariadi yakni menyelenggarakan penelitian kesehatan yang bermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien. Oleh karenanya penelitian ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dimana setiap pihak yang terlibat langsung benar-benar melaksanakan sesuai dengan protokol penelitian yang telah disetujui dan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku di masing-masing site penelitian.