Selasa, 25 Oktober 2022 11:57 WIB

Sosialisasi Kewaspadaan Gangguan Ginjal Akut Progresif Pada Anak

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
591

SEMARANG - Dua minggu terakhir ini media diramaikan dengan kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak. Laporan dari Kementerian Kesehatan dan Rumah Sakit Vertikal, kasus ini memiliki angka kematian cukup tinggi, sekitar lebih dari 60%. 

RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit rujukan Tipe A, diharapkan mampu menyiapkan diri bilamana ada pasien yang datang dengan kasus tersebut atau rujukan untuk kasus tersebut. Oleh karena itu, pada hari Senin, 24 Oktober 2022, pukul 13.00 WIB diadakan “Sosialisasi Kewaspadaan Gangguan Ginjal Akut Progresif (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak” dengan narasumber Dr. dr. Omega Mellyana, Sp.A(K). 

Dilaksanakan secara daring dan disiarkan melalui aplikasi zoom dan youtube @rskariadi, acara ini mendapatkan sambutan yang hangat dari seluruh peserta. Kegiatan yang awalnya diperuntukkan hanya bagi lingkup internal, pada prakteknya juga diikuti oleh masyarakat umum dari berbagai kalangan. Sesi tanya jawab yang dibuka selama kurang lebih 30 menit dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta. Salah satunya Ibu Dewi, seorang karyawati dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Semarang yang menanyakan apa yang harus dilakukan jika anak sudah terlanjur mengkonsumsi salah satu obat sirup yang dilarang? dan dr. Omega menjelaskan bahwa toleransi efek obat pada tiap anak berbeda, tetapi jika sudah terlanjur diminum, maka penggunaan obat tersebut dihentikan, kemudian berikan minum yang cukup. Dan apabila diperlukan, bisa dilakukan pemeriksaan ureum kreatinin pada anak tersebut.