Senin, 24 Oktober 2022 15:33 WIB

Workshop Koding INA CBG di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
690

SEMARANG - Pembiayaan kesehatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam implementasi
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam pelaksanaan JKN, sistem INA CBG menjadi instrumen penting dalam pengajuan dan pembayaran klaim pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh FKRTL yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu pihak manajemen maupun fungsional di setiap FKRTL perlu memahami konsep implementasi INA CBG dalam program JKN.

Hal tersebut menjadi acuan diadakannya Workshop koding INA CBG di RSUP Dr. Kariadi. Dengan mengundang 2 orang narasumber yang merupakan Anggota Tim Koding INA CBG Kemenkes RI yaitu Gandi Agusniadi, BBA, SE dan Teguh Redy Sanjaya, Amd.PK, S.ST RMIK, M.Kes. Acara workshop ini diadakan pada hari Jumat 21 Oktober 2022, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Bertempat di Ruang Lavender 1 Gedung Diklat dan diikuti oleh 52 orang peserta internal yang terdiri dari DPJP, Verifikator dan Asisten DPJP (champion) serta perawat.

Beberapa materi yang diberikan oleh narasumber antara lain adalah Pengenalan Sistem Casemix INA-CBG, Aturan Dasar Coding ICD-10 dan ICD-9 CM dan PMK 26 th 2021, Pencegahan Fraud Dalam Pelayanan Kesehatan dan Analisis data Klaim serta Praktek Simulasi Kasus. Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, drg. Farichah Hanum, M.Kes yang membuka acara ini berharap agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu memahami kaidah koding diagnosis dan tindakan serta penerapannya dalam INA CBG.