Jumat, 21 Oktober 2022 16:51 WIB

Town Hall Meeting Pilar Ke-2 Transformasi Layanan Rujukan: Berubah Harga Mati!

Responsive image
*DNI/IWJ/ANT/RFS - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
1007

JAKARTA – Kementerian Kesehatan menggelar Town Hall Meeting Pilar ke-2 Transformasi Kementerian Kesehatan yaitu Transformasi Layanan Rujukan yang  dimotori oleh Ditjen Pelayanan Kesehatan dengan mengusung semangat bersama, “Berubah Harga Mati”. Hadir dalam acara tersebut Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Kesehatan dan Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan beserta jajaran pejabat Kementerian Kesehatan lainnya, menyaksikan persembahan dari kolaborasi Tim Champion Rumah Sakit Vertikal UPT Ditjen Yankes yang juga memukau perhatian tamu undangan yang memenuhi Aula Siwabessy maupun peserta nonton bareng yang diselenggarakan secara daring di unit kerja internal Kemenkes maupun lingkungan UPT Ditjen Yankes (21/10).

Tim Champion ini merupakan personil-personil terpilih di lingkungan RS vertikal yang bertugas membawa semangat transformasi perubahan di RS, dimana masing-masing RS terdiri dari kurang lebih 10 orang anggota Champion. Tim Champion memaparkan transformasi layanan rujukan yang selama kurang lebih empat bulan ini mereka jalani sebagai agen perubahan. Beberapa masalah yang telah menjamur di lingkungan RS Vertikal meliputi area parker yang tidak memadai bagi pasien, antrian pendaftaran pasien, pengurusan administrasi pasien yang rumit, kebersihan toilet, dan sekelumit masalah lain yang memerlukan pembenahan untyuk mewujudkan pelayanan yang berpredikat service excellent.

Perubahan demi perubahan telah dilakukan secara bertahap oleh para anggota Tim Champion. Di berbagai rumah sakit vertikal kini mulai dibuat zonasi parkir untuk karyawan, DPJP, maupun umum. Sistem pendaftaran online juga terus dikembangkan sehingga antrian pasien dapat terurai. Selain itu juga dilakukan pelatihan-pelatihan service excellent bagi internal RS, baik dari satpam, customer service, dokter, perawat, petugas farmasi, hingga petugas parkir.

Tim Champion juga berdialog secara langsung kepada Menkes, Wamenkes serta Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan terkait empat komponen fokus transformasi layanan rujukan baik untuk manfaatnya bagi pasien, maupun internal rumah sakit.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Kesehatan juga melaunching maskot transformasi yang bernama si Gabu, Garuda Bugar yang memiliki enm sayap yang mewakili enam pilar transformasi Kementerian Kesehatan.

“Terima kasih dan apresiasi saya bagi Tim Champion di rumah sakit vertikal. Teruslah kobarkan semangat transformasi untuk mewujudkan era baru rumah sakit vertical yang kompetitif, unggulan dan bertumbuh sejajar dengan Negara Asia lainnya”, pungkas Menkes mengakhiri acara Town Hall Meeting Pilar kedua ini.