Jumat, 21 Oktober 2022 16:50 WIB

Hari Pertama Survey Akreditasi Luring oleh LAFKI di RSUP Leimena

Responsive image
Shella Eunice Purmiasa, S.I.Kom / Humas - RSUP dr. J. Leimena Ambon
695

AMBON – Jumat tanggal 21 Oktober 2022 telah dilakukan akreditasi luring hari pertama di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon. Acara dimulai dengan penyambutan Tim Surveior oleh Direksi dan dilanjutkan bersama seluruh pegawai di Ballroom lantai empat gedung RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon. 

Sebagai pembuka, dr. Yan Aslian Noor, MPH selaku ketua melaporkan proses dan progres dari tim akreditasi yang telah disiapkan sejak tahun lalu. “Dimulai dari Oktober hingga Desember 2021, kita sudah melakukan studi banding ke rumah sakit – rumah sakit yang telah terakreditasi. Kemudian mulai bimbingan akreditasi dari bulan Maret. Kami juga melakukan pelatihan bantuan hidup dasar kepada seluruh karyawan sejak bulan September, dan menyelenggarakan acara Pit Stop sehari sebelum dilakukannya survei akreditasi daring”, jelasnya.

Selain itu, Direktur Utama, drg. Saraswati, MPH dalam sambutannya memberi apresiasi tinggi terhadap LAFKI yang telah membimbing proses akreditasi selama ini. Beliau mengharapkan dengan adanya survei akreditasi, RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon dapat terus meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Agenda utama yaitu pelaksanaan telusur pasien, sistem dan unit dimulai dari pukul 09.00 WIT hingga selesai. Dalam kegiatan telusur, setiap staf atau petugas harus menyampaikan penjelasan apabila terpilih pada saat Tim Surveior melakukan observasi. Survei akreditasi hari pertama ditutup dengan pertemuan surveior bersama dengan koordinator akreditasi dan akan dilanjutkan dikemudian hari.