Rabu, 19 Oktober 2022 16:51 WIB

Workshop Oral Hygiene dan Pencegahan Saluran Kemih

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
441

Semarang - Pencegahan dan pengendalian infeksi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan. Infeksi terkait perawatan kesehatan (Healthcare Associated Infections / HAIs) atau infeksi nosokomial adalah efek yang tidak diinginkan di layanan kesehatan yang risiko kejadiannya masih tinggi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, salah satu jenis HAIs yang dapat terjadi di rumah sakit adalah Ventilator-related Pneumonia (VAP), dan Oral Hygiene merupakan tindakan keperawatan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya Ventilator Associate Pneumonia (VAP) pada pasien. Melihat hal tersebut, RSUP Dr. Kariadi pada tanggal 18 – 19 Oktober 2022 mengadakan Workshop Oral Hygiene dan Pencegahan Infeksi Saluran Kemih. Selama 2 hari para peserta yang berjumlah 85 orang dan berasal dari IPCLN dan PPJA, diberikan materi tentang Konsep Dasar HAIs, Konsep Oral Hygiene, Konsep Pencegahan Infeksi Saluran Kemih, berikut dengan praktek Oral Hygiene dan praktek Perawatan Cateter Urine.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula gedung penunjang lantai 6 ini dibuka oleh Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang yang sekaligus sebagai Plt. Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS. Dalam sambutannya beliau berharap agar workshop ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan implementasi pencegahan pengendalian infeksi di Rumah Sakit baik yang berstandar nasional maupun Internasional.