Rabu, 19 Oktober 2022 08:37 WIB

Survei Akreditasi di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon

Responsive image
Shella Eunice Purmiasa, S.I.Kom - RSUP dr. J. Leimena Ambon
453

Ambon - Sehubungan dengan usaha untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon menggelar Survei Akreditasi yang didampingi secara daring oleh Tim Surveior Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI). Acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur Utama, drg. Saraswati, MPH kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Plt. Direktur Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Azhar Jaya SKM, MARS.

Sejak pertengahan tahun 2021, RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon telah mempersiapkan seluruh proses terkait kelengkapan akreditasi, termasuk 16 standar penilaian akreditasi yang dibagi dalam kelompok kerja (pokja). Dengan dibentuknya Tim Akreditasi yang disebut sebagai pokja, diharapkan dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan Akreditasi Rumah Sakit dapat terlengkapi dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan klarifikasi dan diskusi masing-masing pokja bersama para surveior dari LAFKI. Untuk pokja Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Manajemen Rekam Medik dan Informasi Kesehatan (MRMIK), Pendidikan dalam Pelayanan Kesehatan (PPK), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Komunukasi dan Edukasi (KE) didampingi oleh Dr. dr. Abd. Halim Sp.PD, FINASIM, SH, MH, MM, CMED, cADV, CLA, CMHt, FIHFFA.

Adapun pokja Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), Peningkatan Mutu dan Keselamatan (PMKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK) dan Program Nasional (Prognas) didampingi oleh dr. Hafni Zahara, MARS, FIHFAA. Sedangkan Mirel Wattimena S.Kep, Ns mendampingi pokja Akses dan Kontinuitas Pelayanan (AKP), Pengkajian Pasien (PP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), dan pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). 

Kegiatan yang bertempat di Ballroom lantai empat RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon ini ditutup dengan pembahasan kesimpulan dan diskusi mengenai pelaksanaan survei luring yang direncanakan akan dimulai pada tanggal 21-22 Oktober 2022. Diharapkan dengan adanya evaluasi dan masukkan dari para surveior RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon dapat mencapai Akreditasi Paripurna.