Senin, 17 Oktober 2022 16:11 WIB

Plt. Dirjen Yankes Turut Hadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Responsive image
***DNI/IWJ - Humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
365

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE; Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dr. dr. Maxi Rein Rondowunu, DHSM, MARS beserta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Oase Kabinet Indonesia Maju, Kartika Basuki dan perwakilan UNICEF menghadiri acara Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang diselenggarakan oleh Ditjen P2P (17/10).

Momen peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia (HCTS) diperingati setiap tanggal 15 Oktober oleh seluruh negara di dunia. Momen HCTS bertujuan untuk mengedukasi pentingnya pencapaian Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara nasional. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah Unite for Universal Hand Hygiene.

Kegiatan cuci tangan dapat dikatakan sebagai bagian transformasi layanan primer, hal ini dikarenakan CTPS adalah bentuk upaya promotif preventif yang menjadi tonggak transformasi layanan primer.

“Betapa pentingnya pencegahan itu jauh lebih baik dari mengobati. Dengan cuci tangan, kita dapat mencegah berbagai penyakit. Tangan bersih menghindarkan kita dari infeksi, menghindarkan kita dari penyakit kronis, yang pangkalnya cuci tangan mencegah kematian,” ungkap Menkes.

Menkes juga mengapresiasi peran serta persatuan organisasi ibu yang hadir pada talkshow acara tersebut, yang bersal dari Dharma Wanita, Persit, Ibu Bhayangkari, dll, karena dengan peran sertanya mampu mengajak orang-orang sekitarnya untuk melakukan pola hidup sehat dengan cuci tangan, yang secara tidak langsung membantu kinerja para tenaga kesehatan yang kita ketahui persebarannya masih belum merata di Indonesia, walau Indonesia telah merdeka selama 77 tahun. Dalam kesempatan tersebut, Menkes beserta jajarannya juga secara simbolis melakukan Peluncuran Roadmap SBS dan CTBS dalam Hari Cuci Tangan Pakai Sabun.