Senin, 17 Oktober 2022 12:58 WIB

Puncak Kegiatan Hari Lansia Internasional di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
449

SEMARANG - Setelah sebelumnya mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading dan Kampung Ligu Semarang, puncak kegiatan Hari Lansia Internasional di RSUP Dr. Kariadi ditutup pada hari Sabtu, 14 Oktober
2022 dengan pelaksanaan senam purnakarya dan seminar kesehatan. 

Kegiatan senam purnakarya diadakan di lapangan parkir Instalasi Eksekutif Gedung Garuda. Dimulai tepat pukul 06.30 – 7.30 WIB, senam purnakarya ini diikuti oleh lebih dari 100 purnakarya RSUP Dr. Kariadi. Usai senam purnakarya dilanjutkan dengan Seminar Kesehatan yang mengangkat tema Menjaga Kesehatan Kognitif Menuju Lansia Berkualitas. 

Menampilkan 2 narasumber di sesi I yaitu dr. Noven Afiyata Nugraha, Sp.PD dengan materi Penyebab dan Tanda Gangguan Kognitif, serta dr. Rachmawati, Sp.KJ dengan judul Tips Sehat Jiwa. Kemudian pada sesi II kembali menampilkan 2 narasumber yaitu Rochyatun, S.Kep.Ners, MARS dan Suci Lestari, S.Gz, RD dimana masing-masing menyuguhkan materi tentang Merawat Agar Kognitif Lansia Tetap Baik dan Gizi Untuk Menjaga Kognitif Lansia. 

Dipandu oleh moderator Indera Aini, S.Kep.Ners, M.Kep , acara ini berlangsung hangat dan penuh keakraban, karena selain mendapatkan ilmu dari narasumber, peserta juga dapat bernostalgia bertemu dengan teman-teman lama sesama purnakarya RSUP Dr. Kariadi. Direktur Utama drg. Farichah Hanum, M.Kes yang turut hadir dan membuka Seminar Kesehatan menyampaikan bahwa RS Kariadi sebagai pioneer pelayanan kesehatan lansia di Indonesia terus berupaya memberikan yang terbaik bagi lansia dan pasien geriatri.

Adanya gedung geriatri dengan segala kelengkapan sarana prasarana baik untuk rawat jalan maupun rawat inap, merupakan upaya kuratif dan rehabilitatif untuk mewujudkan pelayanan one stop service dan hal ini merupakan upaya nyata RSUP Dr. Kariadi dalam mendukung peningkatan kesehatan usia lanjut. 

Semoga dengan momentum Hari Lansia Internasional ini dapat meningkatkan semangat untuk terus memberikan yang terbaik dan menyiapkan masa depan sebagai lansia yang  sehat dan bermartabat.