Jumat, 14 Oktober 2022 09:08 WIB

Kemenkes Sembilan Kali WTP

Responsive image
Ij - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
458

Bekasi - Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan tahun 2021 mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. "Untuk kesembilan kalinya Kementerian Kesehatan mendapat opini WTP, hal ini tidak lepas dari kerja keras kita semua dalam menjaga dan meningkatkan kualitas laporan keuangan dan BMN" ujar Sesditjen Yankes dr. Azhar Jaya dalam sambutannya pada acara Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Tahun 2022 di Bekasi Jawa Barat (12/10).

Acara yang dihadiri oleh UPT Ditjen Yankes ini menghadirkan narasumber yang kompeten dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan  Kementerian Keuangan. "Yankes berpengaruh besar untuk predikat WTP Kemenkes, jika laporan keuangan yankes baik maka Kemenkes akan baik" ucap Aulia Rahmat selaku narasumber dari BPK.  Kepala Auditor VI BPK tersebut menambahkan bahwa permasalahan signifikan laporan keuangan Kemenkes yaitu persediaan. Atas permasalahan tersebut BPK merekomendasikan Menkes untuk lebih optimal untuk melakukan pengawasan dan pengendalian atas proses penyelesaian hibah persediaan yang diserahkan kepada masyarakat di satuan kerjanya.

Sesditjen Yankea berharap setelah kegiatan ini satker dapat menyelesaikan laporan keuangan dan laporan BMN tahun anggaran 2022 sehingga Kemenkes dapat mempertahankan WTP untuk yang ke sepuluh kalinya. (Ij)