Senin, 10 Oktober 2022 13:45 WIB

Seminar Kesehatan Jiwa Online dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
517

SEMARANG - Penyelenggaraan layanan kesehatan di rumah sakit membutuhkan pelayanan berkualitas dan profesional, yang dapat menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Dokter dan perawat adalah bagian dari tenaga kesehatan yang diharapkan selalu memberikan pelayaan optimal. Namun demikian, sebagai seorang manusia biasa, tenaga kesehatan secara harfiah dapat mengalami kelelahan mental dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Menyikapi hal tersebut, pada hari ini (Senin, 10 Oktober 2022), RSUP Dr. Kariadi melalui Instalasi Pelayanan Ibu dan Anak beserta KSM Psikiatri, menyelenggarakan Seminar Kesehatan Jiwa Online dengan tema “Waspadai Burnout Syndrome Tenaga Kesehatan”. Seminar ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Menyuguhkan 4 orang narasumber yang berkompeten dibidangnya, yaitu Dr. dr. Alifiati Fitrikasari, Sp.KJ(K) dengan judul materi ‘Masalah Kesehatan Jiwa Akibat Burnout dan Penatalaksanaannya’, Prabawati Setyo Pambudi, S.Kep.Ners menampilkan tema ‘Dukungan Kesehatan Jiwa & Psikososial Dalam Mengatasi Burnout’ , dr. Rachmawati, Sp.KJ menyampaikan tentang ‘Tips Mencegah Burnout’ dan sesi terakhir ditutup dengan materi ‘Bahagia di Tempat Kerja’ yang dibawakan oleh Aji Sukarno, S.Kep,Ners.

Kegiatan seminar kesehatan jiwa online dibuka oleh Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang yang sekaligus Plt. Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kondisi dan situasi pekerjaan yang harus selalu siap untuk memberikan pelayanan akan dapat menguras emosi dan stamina para tenaga kesehatan. Tekanan, kelelahan dan kejenuhan dalam bekerja bisa menurunkan minat dan motivasi dalam bekerja. Oleh karena itu beliau berharap agar melalui seminar ini tenaga kesehatan peduli akan pentingnya menjaga kesehatan jiwa yang nantinya akan sangat menunjang para nakes untuk bekerja dan melayani pasien.

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Salam Sehat Jiwa !