Senin, 10 Oktober 2022 09:24 WIB

Pemeriksaan Kesehatan dalam Rangka Hari Lanjut Usia Internasional

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
325

SEMARANG - Lanjut usia (lansia) merupakan suatu fase penting dalam kehidupan manusia. Berbagai perubahan baik psikis maupun fisik mengiringi proses hidup lansia. Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2022, RSUP Dr. Kariadi melalui Tim Geriatri Terpadu mengadakan serangkaian kegiatan, diantaranya adalah pemeriksaan kesehatan bagi lansia.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan selama 2 hari berturut-turut. Mulai hari Kamis, 6 Oktober 2022, bertempat di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading, dan tanggal 7 Oktober 2022 di Kampung Ligu Semarang. Dengan mengusung tema Internasional “Resilience of Older Persons in a Changing World“ atau Ketahanan Lansia di dalam Perubahan Dunia, kegiatan sosial ini diisi dengan Skrining Demensia_Alzheimer, senam otak mencegah  "Demensia" dan dilanjutkan dengan edukasi pencegahan Demensia.

RSUP Dr. Kariadi berharap melalui acara pemeriksaan kesehatan lansia, masyarakat dapat teredukasi untuk menjaga kesehatan geriatri, terutama dimasa pandemi. Semua akan lanjut usia pada waktunya, tetapi dengan dukungan keluarga dan lingkungan, seorang lanjut usia akan tetap sehat, aktif dan produktif baik secara mental maupun sosial.