Jumat, 30 September 2022 15:50 WIB

Kegiatan Hari Jantung Sedunia RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
118

SEMARANG - Dalam rangka hari jantung sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September, RSUP Dr. Kariadi melalui Instalasi Jantung mengadakan beberapa kegiatan. Antara lain senam bersama, kuis online cardiologi, edukasi kesehatan dan pembagian souvenir, serta Seminar Keperawatan Online. 

Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak tanggal 24 September 2022, dengan acara senam bersama yang diikuti oleh seluruh karyawan Instalasi Jantung, dan dilanjutkan dengan kuis online seputar cardiologi. Kemudian pada tanggal 29 September, dilaksanakan edukasi kesehatan untuk pasien dan keluarga di poli rawat jalan Instalasi Jantung dan pembagian souvenir untuk pasien rawat inap. Edukasi kesehatan ini disampaikan oleh narasumber Ulil Qomariyah, S.Kep.Ns , yang membawakan tema Sehat dan Bugar Setelah Tindakan Pemasangan Ring. Di waktu yang bersamaan, diadakan pula Seminar Keperawatan Online “Penanganan Kegawatan Kardiovaskular Pada Acute Coronary Syndrom (ACS) : Nursing Role, Do It With Heart” yang menghadirkan dr. Sodiqur Rifqi, Sp.JP(K) sebagai keynote speaker. Beliau menyampaikan materi” Morbiditas dan Mortalitas Kegawatan pada Pasien ACS”. Selain itu hadir dua orang narasumber yaitu Ns. Wiwid Widiyan Tri Perwiranto, S.Kep
dengan materi “Pentingnya Deteksi Dini Tanda Kegawatan Pada Pasien ACS oleh Perawat: Sense of Crisis” dan Ns. Purwaka, S.Kep yang memberikan materi “Nursing Manajemen pada Kegawatan Pasien ACS”. 

Seminar Keperawatan Online dibuka langsung oleh Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr. Kariadi, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS. Dalam sambutannya beliau berpesan bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan angka kematian tertinggi di Indonesia. RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit fasilitator pelayanan kesehatan, berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan kegawat daruratan jantung yang menjadi layanan prioritas sehingga dapat maksimal, tepat dan cepat dalam melayanani masyarakat.