Senin, 19 September 2022 08:43 WIB

RSPON Meraih Juara Kedua dalam Lomba FMEA/QI Project

Responsive image
(RFA-Humas) - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
499

JAKARTA – Praktik pengobatan yang tidak aman dan kesalahan pengobatan merupakan salah satu penyebab utama insiden keselamatan pasien yang dapat dicegah dalam pelayanan kesehatan.  Secara global biaya yang terkait kesalahan pengobatan diperkirakan mencapai USD 42 miliar pertahun. Pandemi COVID-19 secara signifikan memperburuk risiko kesalahan pengobatan dan bahaya terkait pengobatan. Oleh karena itu WHO menyerukan kampanye World Patient Safety Day 2022 dengan tema Medication Safety.

Untuk memperingati hari Keselamatan Pasien Seluruh Dunia ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan lomba Failure Mode and Effect Analysis dan atau Quality Improvement (FMEA/QI Project) terkait Medication Safety

Bertempat di Ruang Soejoto Lantai 3 Gedung Induk RSUP Fatmawati Sabtu, 17 September 2022, diselenggarakan Acara puncak peringatan Hari Keselamatan Pasien Seluruh Dunia 2022 dengan tema Medication Safety.

Tim RSPON yang diketuai oleh dr. Adhy Nugroho, MARS selaku Ketua Komite Mutu, terdiri dari unit Komite Keselamatan  Pasien, Komite Manajemen Risiko, Pelayanan Medik dan Keperawatan, Pelayanan Penunjang, Instalasi SIRS, Instalasi SIMRS, Instalasi Rawat Inap serta Instalasi Rekam Medik.

Dari hasil kerja keras tim, RSPON berhasil terpilih menjadi Juara 2 (dua) lomba FMEA/QI Project dari 55 peserta rumah sakit  seluruh Indonesia. Judul project yang diusung oleh RSPON adalah FMEA Proses Penggunaan Medikasi Pasien Rawat Inap yang dimulai 1 Maret 2022 hingga saat ini.

Semoga kemenangan ini semakin memacu Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof.Dr. Mahar Mardjono Jakarta meningkatkan pelayanan terutama keselamatan dalam pengobatan pasien.