Rabu, 14 September 2022 08:00 WIB

Seminar Kesehatan Online Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox)

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
357

SEMARANG - Penyakit cacar monyet (Monkeypox) merupakan masalah kesehatan yang menjadi perhatian dunia di tengah Covid-19 dan virus Hepatitis akut. Penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox (MPX) ini, ditularkan oleh virus dari hewan ke manusia melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh atau lesi kulit hewan yang terinfeksi.

Saat ini cacar monyet dilaporkan telah meluas  ke wilayah Eropa, Amerika, dan Western Pacific. Melihat fenomena yang demikian, RSUP Dr. Kariadi pada hari ini Selasa tanggal 13 September 2022, mengadakan Seminar Kesehatan Online dengan tema “Apakah Monkeypox Akan Menjadi The Next Pandemi?”. Menghadirkan narasumber terpilih yaitu Dr. dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, Sp.PD-KPTI, MKM, FINASIM yang membawakan materi Apa Beda Cacar Monyet (Monkeypox) dengan Cacar Air dan Campak, kemudian dr. MM.DEAH. Hapsari, Sp.A(K) yang menyampaikan Pengobatan dan Pencegahan Pada Monkeypox, serta dr. Iva Puspitasari, Sp.MK(K) sebagai narasumber ketiga yang membawakan materi Alur Pemeriksaan Monkeypox.

Seminar Kesehatan Online yang diselenggarakan oleh Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP DR. Kariadi ini bertempat di ruang teleconference lantai 1 gedung penunjang, dan dibuka oleh Plt. Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS. Berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, kegiatan yang disiarkan langsung melalui aplikasi zoom dan youtube, mampu menarik perhatian peserta yang tidak hanya berasal dari tenaga kesehatan tetapi juga masyarakat awam. Terbukti sebanyak 1378 partisipan hadir dan berkontribusi aktif melalui zoom dan hingga saat ini telah dilihat sebanyak 482 kali melalui youtube @rskariadi.