Selasa, 30 Agustus 2022 15:32 WIB

Wujud Kemerdekaan bagi Individu Berkebutuhan Khusus di Daycare Anak dan Remaja RSJ Dr. Soeharto Heerdjan

Responsive image
Titis Hardian Wijaya,S.Tr. Kes (Terapis Wicara) - RS Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta
259

JAKARTA - Individu berkebutuhan khusus atau sering disebut sebagai IBK dengan hambatannya memiliki berbagai hak yang sama dengan anak pada umumnya. Hak-hak tersebut harus dipenuhi diantaranya hak hidup, hak perlindungan, hak tumbuh kembang, hak aktualisasi diri dan hak untuk berpartisipasi. 

Perwujudan hak-hak tersebut merupakan salah satu langkah memerdekakan IBK. Mereka memiliki hak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan didalam lingkungan baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial. Keikutsertaan IBK dalam berbagai kegiatan serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia merupakan wujud dari partisipasi IBK dalam lingkungan sosial.

RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta mewujudkan kemerdekaan bagi IBK dengan melibatkan peserta Daycare Anak Dan Remaja dalam memeriahkan kemerdekaan RI ke-77. Berbagai rangkaian kegiatan yang diikuti oleh IBK peserta Daycare Anak dan Remaja diantaranya lomba estafet bola, lomba bakiak, lomba, lomba menghafal ikrar daycare anak dan remaja, serta lomba cuci tangan 6 langkah. 

Berbagai lomba tersebut bertujuan untuk melatih IBK dalam bekerja sama, toleransi, pengendalian emosi diri, kognitif, dan melatih motorik halus maupun motorik kasar. Tidak hanya serangkaian lomba IBK juga mengikuti kegiatan upacara bendera dengan arahan dan bimbingan tim terapis.

Upacara bendera peringatan HUT RI ke-77 dilaksanakan di ruang Daycare Anak dan Remaja serta diikuti oleh IBK dan tim terapis Daycare. Tujuan upacara ini diadakan yaitu untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan memotivasi IBK meningkatkan kepercayaan diri. Runtutan susunan acara dilaksanakan dengan khitmad. IBK yang berlaku sebagai petugas upacara melakukan tugasnya dengan baik. Adapun pesan yang tersirat dari inspektur upacara mengharapkan IBK dapat terus berpartisipasi dalam lingkungannya dengan rasa percaya diri dan melanjutkan hidupnya ketahapan yang lebih baik. 

Orang tua dan wali peserta Daycare Anak dan Remaja merespon positif serangkaian acara HUT RI ke-77 ini. Beberapa orang tua menyampaikan bahwa putra-putrinya merasa bahagia dan percaya diri.
Tidak hanya itu IBK merasa bahwa dirinya berharga dilingkungannya khususnya di lingkungan Daycare Anak dan Remaja. Harapan orang tua agar kegiatan tersebut dapat rutin dilakukan.