Senin, 29 Agustus 2022 14:49 WIB

Seminar Medis Online dalam Rangka Hepatitis Day

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
898

SEMARANG (28/08) - Hepatitis virus merupakan salah satu problem kesehatan terbesar dengan angka kematian 1,34 juta per tahun, dan merupakan penyebab kedua dari kematian akibat kanker hati. Di seluruh dunia, 300 juta orang hidup dengan hepatitis virus tanpa disadari. Oleh karena itu, tanpa disertai gerakan untuk mendeteksi infeksi hepatitis yang belum terdiagnosis dan menyediakan sarana pengobatan bagi penderita hepatitis, maka mereka bisa menderita infeksi hepatitis selamanya. 

Melihat hal tersebut, RSUP Dr. Kariadi menyelenggarakan Seminar Medis Online tentang penyakit hepatitis dengan tema BRINGING CARE CLOSER TO YOU, HEPATITIS CAN'T WAIT. Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu (28/08/2022) di ruang Flamboyan 2 Gedung Diklat, mampu menarik sebanyak 3.899 orang pendaftar. Disiarkan melalui live streaming zoom dan youtube @rskariadi, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai instansi dan organisasi profesi. Dan peserta yang mengikuti mendapatkan E-Sertifikat, SKP dari IDI, SKP dari PPNI, serta doorprize menarik.

Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, drg. Farichah Hanum, M.Kes yang membuka acara, pada sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang berlangsung. Beliau juga mengatakan bahwa Hepatitis B dan Sirosis menjadi salah satu penyakit yang mengambil anggaran cukup besar untuk pelayanan kesehatan. Penyakit ini tidak hanya menghadapi tantangan medik berupa screening, diagnosis dan terapi tetapi bagi penderita juga mendapatkan tantangan kendala sosial berupa diskriminasi dan stigma negatif dari masyarakat. Oleh sebab itu, RSUP Dr. Kariadi berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam menangani Hepatitis.

Berlangsung mulai pukul 08.30 – 14.15 WIB, Seminar Medis Online Penyakit Hepatitis dibagi menjadi 3 sesi. Hadir sebagai pembicara adalah: Rahmah Nurhayati, SKM, M.Kes, (Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah), dr. Sigid Kirana Lintang Bhima, Sp.FM(K), MSc (Ketua IDI Kota Semarang), Rakidi, Skep.Ners, Retno Mulyani Kurniastanti, S.Kep.Ners, Dr. dr. Hery Djagat Purnomo, Sp.PD, K-GEH, dan 2 orang panelis yaitu Evy Yulia Arini, SH. M.Kes (Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah) dan Caroline Thomas (Pendiri Yayasan Peduli Hati Bangsa / LSM Peduli Hepatitis).