Senin, 29 Agustus 2022 07:36 WIB

Launching Aplikasi Digital Dalam Puncak Acara HUT Ke-71 RS Ortopedi Prof. Dr. R.Soeharso Surakarta

Responsive image
Hukormas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
889

SUKOHARJO – “Dalam mengembangkan transformasi digital di bidang kesehatan, RS. Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta memberikan kemudahan dalam pelayanan kesehatan. Kami resmikan Aplikasi RSO PINTAR, 3D Score dan RSO's New Website Design”, ungkap. Plt. Direktur Utama DR. dr. Pamudji Utomo, SpOT (K). pada Hari Minggu, 28 Agustus 2022, pk. 09.00 WIB sampai dengan selesai dalam Puncak Acara HUT ke-71 RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta.

Aplikasi ini memuat sekitar 15.000 video/foto latihan, sehingga pasien bisa diresepkan program latihan yang terukur dengan durasi tertentu. Aplikasi ini juga memberikan edukasi latihan dari fisio terapis, terapis okupasi, terapi wicara, psikologi, gizi dan farmasi. Tujuannya untuk memberikan layanan rehabilitasi medik plus, baik untuk program non operatif, pre operatif dan post operatif. Dengan aplikasi yang launching penuh pada Oktober 2022 mendatang ini, pasien mendapatkan layanan untuk pencegahan maupun pemulihan dengan cepat, akurat, aman dan nyaman, ujar Dr. dr. Pamudji Utomo, SpOT (K), Plt. Direktur Utama RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. 

Selain RSO Pintar, diresmikan pula 3D Score (3D Scoliosis Ortosis Rehabilitation), bekerjasama dengan Fakultas Teknik UNS, aplikasi ini bertujuan untuk memproduksi scoliosis brace dengan teknologi yang terkini sehingga pasien lebih nyaman sehingga pasien tidak perlu digips untuk pengukuran brace, lebih presisi karena ada simulasi koreksi skoliosis, lebih ekonomis karena produk luar yang sejenis di harga sekitar 60 jt/brace. Cara kerjanya adalah pasien skoliosis diukur dengan cara dipindai 3D dengan scanner, selanjutnya dengan program komputer dilakukan simulasi koreksi dan selanjutnya brace bisa dicetak dan di-fitting ke pasien sehingga proses produksi lebih singkat.

Plt. Direktur Utama DR. dr. Pamudji Utomo, SpOT (K) didampingi dr. Kalsium Komaryani, MPPM, selaku Dewan Pengawas RSO dan Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Romaniyanto, SpOT (K) juga meresmikan tampilan web design RSO terbaru yang lebih nyaman dan mudah diakses oleh pengunjung dan pasien. Mengambil tema Tulangku Kuat, Indonesiaku Hebat pada HUT ke-71 RSO ini, Plt. Direktur Utama, Dr.dr. Pamudji Utomo, SpOT (K) menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya promotif, kuratif dan preventif bagi masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan tulang dari sekarang agar bangsa Indonesia mampu mencapai Indonesia Emas di tahun 2045 dengan SDM yang kompetitif dan berprestasi sehingga mampu bersaing di tingkat global.