Minggu, 28 Agustus 2022 06:59 WIB

Seminar Keperawatan Online Peran Perawat Dalam Mendukung Eliminasi TB Tahun 2030

Responsive image
humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
1096

SEMARANG  (25/8) - Tuberkulosis atau TB masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia, mengajak publik untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak kesehatan, sosial, dan ekonomi akibat TB, serta meningkatkan usaha untuk mengakhiri epidemic global TB melalui pengetahuan, dan ajakan kepada seluruh pihak. Himbauan tersebut ditindaklanjuti oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan mencanangkan program eliminasi TB tahun 2030 sebagai target dan strategi untuk menekan penyebaran penyakit Tuberkulosis di Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, AOC Instalasi Rawat Inap Kelas III dan Unit Stroke RSUP Dr Kariadi Semarang, bekerjasama dengan Kelompok Staf Keperawatan Respiratory, pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 bertempat di ruang Flamboyan 2 gedung Diklat, mengadakan Seminar Keperawatan Online dengan tema “Peran Perawat dalam Mendukung Eliminasi TB Tahun 2030”. Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB ini menghadirkan 3 orang narasumber. Mereka adalah Rizki Nur Satiti, S.Kep.Ners dengan materi “Strategi Perawat Dalam Mewujudkan Eliminasi TB Tahun 2030”, Utami Pratiwi, S.Kep.Ners membawakan materi “Peran Pemegang Program TB dalam Tatalaksana Pasien TB di Rawat Jalan” , dan Septi Nursanindah Sasikirana, S.Kep.Ners dengan materinya “Peran Perawat dalam Tatalaksana Pasien TB di Rawat Inap”.

Diikuti oleh kurang lebih 500 peserta, kegiatan Seminar Keperawatan Online dibuka langsung oleh Ketua Komite Keperawatan RSUP Dr. Kariadi, Poniatun, S.Kep.Ners, M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada Kelompok Staf Keperawatan Respirasi yang telah menyelenggarakan acara ini dan berharap melalui seminar keperawatan online seluruh peserta mendapatkan sosialisasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan pengelolan TB terbaru.