Rabu, 24 Agustus 2022 08:41 WIB

Koordinasi Persiapan Sister Hospital RSPG dengan St. Stamford

Responsive image
(Dok/IR-RSPG/23/8/2022) - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua
1570

BOGOR -  Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 bertempat di ruang rapat Gedung Administrasi Umum (Adum) lantai 2 Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor melakukan kegiatan koordinasi persiapan Program Pendekatan Kemitraan (Sister Hospital) mengenai layanan Medical Modern Cancer (MCH) khususnya kanker paru. 

Kegiatan tersebut selain di hadiri oleh jajaran Direksi RSPG, Tim Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, para undangan dari RS Paru Vertikal juga dihadiri oleh perwakilan dari RS St Stamford Modern Cancer Hospital, International Medical Guangzhou Tiongkok. 

Program sister hospital/MCH ini berupa kerjasama mengenai kanker, khususnya terkait kanker paru dengan tujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian, penyediaan layanan pengobatan kanker paru, pendampingan manajemen serta penyelenggraaan layanan kanker paru.

Dalam sambutannya Tim dari Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Pengelolaan Kerjasama Pelayanan Kesehatan, dr. Wita Nursanthi, MARS., menyampaikan bahwa “Sesuai arahan Menteri Kesehatan, RS harus bertransformasi seiring era digitalisasi dan perubahan – perubahan yang begitu cepat, Program sister hospital ini perlu segera direalisasikan dengan sebuah ikatan kerjasama”. 

Direktur Utama RSPG, dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS., memaparkan bahwa RSPG memiliki visi Menjadi Center Pelayanan Paru dan Bedah Toraks Nasional dengan Misi diantaranya Menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan Mengembangkan pelayanan infeksi paru, kanker paru, intervensi paru dan bedah thorax serta layanan penunjangnya. RSPG pun mempunyai layanan unggulan yaitu Bedah thoraks, TB-MDR, TB-XDR dan TB-HIV diharapkan dapat menjadi rujukan RS khusus Paru bagi Indonesia.

Lebih lanjut Dirut menyampaikan Rencana kerjasama antara RSPG dengan RS Kanker Modern St Stanford International Medical Guangzhou Tiongkok, untuk di tahun 2022 ini merupakan Persiapan kerjasama (Kunjungan dalam rangka penilaian awal, Memfasilitasi kunjungan kembali negara tujuan, Penandatanganan kerjasama dan Webinar persiapan), sedangkan pada tahun 2023 dibagi tiga tahap/bidang kerjasama :

1. Perawatan Invasif Minimal untuk kanker paru,

2. Penelitian diagnostik dan pengobatan kanker paru, dan

3. Rehabilitasi Paru dan Terapi Fisik.

Tim dari MCH St Stanford International Medical Guangzhou Tiongkok diketuai oleh Mr. Lin Zhi Cheng, beliau menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang hangat dari RSPG dan hadirin semuanya serta beliau pun menyampaikan bahwa jalinan kerjasama ini dapat dilakukan dengan saling bertukar ilmu pengetahuan antar kedua belah pihak. 

RSPG menganggap hal ini merupakan langkah sangat penting untuk lebih meningkatkan kualitas layanan di RSPG, yaitu dengan mengembangkan maupun meningkatkan kualitas serta kapasitas layanan. Untuk merealisasikan hal tersebut, RSPG terus berupaya dan mencoba mereplikasi pendekatan atau inovasi guna menunjang keberhasilan yang lebih baik. Inovasi tersebut salah satunya berupa Program Pendekatan Kemitraan (Sister Hospital Medical Modern Cancer/MCH) dengan rumah sakit besar di Guangzhou Tiongkok yang telah maju ini.