Kamis, 18 Agustus 2022 07:35 WIB

Semangat Baksos Operasi Katarak.. Semangat HUT RI Ke-77 !

Responsive image
Agus Suhendar, S.Si – Kepala Instalasi Promosi Kes - RS Mata Cicendo Bandung
248

BANDUNG - Dikutip dari https://www.iapb.org bahwa berakhirnya VISION 2020 menghasilkan beberapa tantangan baru. Pertama, tantangan telah berubah. Dunia berada diambang eliminasi beberapa penyakit menular, namun penyakit tidak menular, perubahan gaya hidup, dan populasi lanjut usia akan menjadi tantangan yang baru.

Kedua, tantangan semakin berkembang. Terdapat 1,1 miliar orang di seluruh dunia hidup dengan kehilangan penglihatan karena mereka tidak memiliki akses ke pelayanan kesehatan dasar. Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 1,8 miliar pada 2050. Pelayanan kesehatan mata masih berada pada kondisi kekurangan sumber daya dan tidak terjangkau untuk banyak orang. Terdapat 1,1 miliar orang yang hidup dengan kondisi kehilangan penglihatan, 90% diantaranya merupakan masyarakat dengan pendapatan rendah dan sedang.

Terkait hal tersebut, Rumah Sakit Mata Cicendo sebagai Pusat Mata Nasional turut berperan dalam upaya penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan, salah satunya melalui Bakti Sosial Operasi Katarak di berbagai daerah di Indonesia. Tanggal 15 dan 16 Agustus 2022, Tim Oftalmologi Komunitas PMN RS Mata Cicendo dan pihak terkait lainnya melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak di Limbangan, Garut, yang bertepatan dengan 77 Tahun Republik Indonesia.

Semoga dengan upaya ini dapat mengakhiri kehilangan penglihatan yang dapat dicegah Tahun 2030 sesuai semangat HUT Republik Indonesia ke 77 yaitu Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat .