Selasa, 16 Agustus 2022 11:16 WIB

Pelatihan Intervensi Kardiovaskular Lanjut di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
588

SEMARANG (13/08) - RSUP Dr. Kariadi Semarang bekerjasama dengan Pokja Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI), pada hari Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Agustus 2022, menyelenggarakan Pelatihan Intervensi Kardiovaskular Lanjut (Advanced Cardiovascular Intervention Training). Acara ini berlangsung di Aula KSM Jantung dan laboratorium kateterisasi jantung (Cathlab), dalam format Kuliah-Diskusi interaktif disertai Live-Demo dari cathlab.

Kegiatan yang telah dilaksanakan untuk kedua kalinya ini diikuti oleh para peserta yang merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah  (SpJP) sub spesialis intervensi non-bedah, yang sudah berpraktek aktif minimal 3 tahun sebagai intervensionist, dari seluruh Indonesia. Narasumber adalah dokter SpJP sub spesialis intervensi senior dari berbagai senter utama pelayanan & pendidikan jantung di Indonesia yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang ini. Dalam pelatihan ini ditampilkan “Live Demo” kasus-kasus kompleks seperti oklusi total kronis (Chronic Total Occlusion/ CTO), stenosis/penyempitan pada cabang utama kiri (left main/ LM) maupun pengapuran berat. Live demo ini juga menampilkan pemanfaatan teknologi mutakhir dalam intervensi kardiovaskular seperti Imaging intravaskular dengan menggunakan IVUS (intravascular ultrasound), cutting balloon, rotabalator (bor intrakoroner), dll, untuk mengoptimalkan hasil tindakan PCI (percutaneous Coronary Intervention), baik tanpa mapun disertai pemasangan stent.  

dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS selaku Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr. Kariadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, dan berharap agar melalui kegiatan ini mampu meningkatkan wawasan dan keahlian para dokter SpJP intervensionis dalam menangani kasus-kasus kompleks intervensi non-bedah penyakit jantung coroner, sehingga dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat yang membutuhkan.

Acara ini adalah salah satu kado indah dari RSUP Dr. Kariadi dan PIKI dalam mengisi kemerdekaan Indonesia ke-77 pada 17 Agustus tahun ini.  Dirgahayu Indonesia !!!